IDENTIFIKASI PENGARUH KONSOLIDASI TANAH TERHADAP HARGA TANAH Studi Kasus Kelurahan Arjosari, Kecamatan Blimbing, Kota Malang

Sulistina, M. E (2005) IDENTIFIKASI PENGARUH KONSOLIDASI TANAH TERHADAP HARGA TANAH Studi Kasus Kelurahan Arjosari, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
9924102.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (21MB)

Abstract

Perkembangan aktivitas kota yang sangat pesat menyebabkan permintaan terhadap tanah sebagai wadah berlangsungnya aktivitas tersebut juga meningkat. Di sisi lain, persediaan tanah di kota sangat terbatas. Hal tersebut mendorong masyarakat untuk melakukan pembangunan di pinggiran kota. Peran pemerintah sangat dibutuhkan dalam mengatasi kesulitan penyediaan tanah untuk pembangunan kota. Salah satunya adalah dengan cara konsolidasi tanah. Kelurahan Arjosari merupakan salah kelurahan yang terdapat di Kecamatan Blimbing yang melakukan program konsolidasi tanah. Program kondolidasi tanah di Kelurahan Arjosari mulai dilaksanakan pada tahun 2001 dengan luas 5616 m² dan terdiri dari 22 kapling tanah. Sampai saat ini, perubahan yang dapat dirasakan oleh para pemilik tanah adalah meningkatnya harga tanah. Sehubungan dengan hal tersebut, maka kita perlu mengidentifikasi pengaruh konsolidasi terhadap harga tanah. Untuk mengetahui hal tersebut, maka yang dilakukan pertama kali adalah mengidentifikasi variabel-variabel konsolidasi yang berpengaruh terhadap harga tanah. Setelah itu, untuk mengetahui pengaruh konsolidasi tanah terhadap harga tanah maka dapat dilakukan analisa dengan menggunakan crosstab dan korelasi. Data yang digunakan untuk analisa didapat dengan cara survey primer/lapangan dan survey sekunder/data-data penunjang yang didapat dari instansi Dari hasil analisa, dapat diketahui bahwa konsolidasi tanah mempunyai pengaruh terhadap harga tanah. Dan dari hasil analisa, dapat diketahui bahwa variabel konsolidasi yang berpengarh terhadap harga tanah adalah luas tanah, letak tanah, kepastian hak atas tanah (sertifikat), pemanfaatan tanah dan prasarana jalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sulistina M. E (9924102)
Uncontrolled Keywords: Konsolidasi tanah, harga tanah di lokasi konsolidasi, pengaruh konsolidasi tanah
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 03 Apr 2023 01:04
Last Modified: 03 Apr 2023 01:04
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11170

Actions (login required)

View Item View Item