STUDI PENYEDIAAN AIR BERSIH DI LINGKUNGAN KEBON TATAR KELURAHAN KELAYU UTARA KECAMATAN SELONG-LOTIM

Susianty, Yuli (2008) STUDI PENYEDIAAN AIR BERSIH DI LINGKUNGAN KEBON TATAR KELURAHAN KELAYU UTARA KECAMATAN SELONG-LOTIM. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
9924132.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (14MB)

Abstract

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah studi, maka akan dimanfaatkan mata air sumber Sengembul dan Menemeng. Sumber Sengembul mempunyai debit 25 liter/detik, sudah dimanfaatkan oleh Kelurahan Kelayu Selatan sebanyak 10 liter/detik. Sumber Sengembul masih mempunyai sisa air sebanyak 15 liter/detik dan masih cukup dimanfaatkan oleh wilayah studi jika musim hujan dengan sistem gravitasi, namun jika musim kemarau sumber Sengembul memiliki debit 1 liter/detik, dan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan air di wilayah studi, oleh karena itu diperlukan sumber lain untuk tetap memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah studi yaitu dengan memanfaatkan sumber Menemeng yang mempunyai debit 17-15 liter/detik dengan memakai pompa. Pengembangan sumber Menemeng akan dibuatkan rumah pompa dan pemasangan pompa air, dimana air dari sumber Menemeng akan dipompa menuju ke waduk distribusi yang dibuat di dekat sumber Sengembul dengan menggunakan pipa transmisi. Dari waduk distribusi kemudian didistribusikan ke rumah penduduk dan kran umum dengan sistem gravitasi dan menggunakan jaringan pipa beserta perlengkapannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Yuli Susianty (9924132)
Uncontrolled Keywords: Masyarakat butuh air, pemanfaatan mata air, pendistribusian
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 03 Apr 2023 01:04
Last Modified: 03 Apr 2023 01:04
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11172

Actions (login required)

View Item View Item