OPTIMALISASI PENGGUNAAN TANAH SEBAGAI ARAHAN PERKEMBANGAN KOTA PALANGKARAYA (Studi Pendekatan Spasial Fisik Kota)

Budianto, Vallery (2007) OPTIMALISASI PENGGUNAAN TANAH SEBAGAI ARAHAN PERKEMBANGAN KOTA PALANGKARAYA (Studi Pendekatan Spasial Fisik Kota). Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
9924135.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (39MB)

Abstract

Kota Palangkaraya, merupakan suatu kota yang sengaja dirancang dan direncanakan dengan suatu luasan kota yang sangat luas dibandingkan dengan kota-kota yang ada di Indonesia. Proses perkembangan umumnya berjalan secara artifisial, dengan campur tangan manusia mengatur arah perubahan tersebut. Akhir-akhir ini menunjukan suatu gejala permasalahan penggunaan tanah diantaranya mengarah pada perusakan lingkungan antara lain penebangan areal kawasan hutan, reklamasi lahan rawa untuk perluasan areal kota, dan pembangunan jalan baru untuk mengarahkan perkembangan kota. Berawal dari beberapa permasalahan tersebut, maka diperlukan kajian secara logis dan ilmiah agar dapat memberikan penggambaran secara obyektif optimalisasi penggunaan tanah ditinjau dari aspek spasial fisikal kota sebagai tujuan untuk merumuskan formulasi visi spasial kota yang sesuai dengan karakter lokal. Formulasi visi spasial kota yang dimaksud yaitu mengoptimalkan fungsi kegiatan dipermukaan tanah dalam keteraturan suatu pola yang seimbang untuk mengarahkan perkembangan fisik spasial kota secara benar serta sebagai suplemen didalam mengambil kebijakan yang berhubungan dengan tata ruang kota. Berdasarkan pertimbangan pertimbangan tersebut, maka pengkajian - optimalisasi penggunaan tanah lebih difokuskan dengan metode analisa secara kualitatif dan kuantitatif serta konfigurasi produk sasaran penelitian sehingga dapat dihasilkan kesimpulan arahan perkembangan kota berserta aloksi fungsi kegiatan dipermukaan tanah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Vallery Budianto (9924135)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi Penggunaan Tanah, Perkembangan Kota, Fisik Kota
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 03 Apr 2023 01:04
Last Modified: 03 Apr 2023 01:04
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11173

Actions (login required)

View Item View Item