PENJADWALAN WAKTU DAN BIAYA PADA PEMBANGUNAN GEDUNG BANK NASIONAL KOMERSIAL DILI DENGAN METODE CRASHING

Silva, Marzenia Da Costa (2023) PENJADWALAN WAKTU DAN BIAYA PADA PEMBANGUNAN GEDUNG BANK NASIONAL KOMERSIAL DILI DENGAN METODE CRASHING. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
Bagian awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (192kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (716kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (36kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (671kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (284kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Pelaksanaan Proyek pembangunan Gedung Bank Nasional Komersial Dili pada pekerjaan dimulai pada tanggal 16 maret 2020, namum terjadinya Covid 19 dan faktor cuaca yang tidak dapat diprediksi, maka pekerjaan dimulai pada juni 2020 dengan waktu penyelesaian selama 224 hari kalender atau direncakan selesai pada tanggal 30 oktober 2020, namum mengalami keterlambatan pada pelaksanaannya. Semua faktor tersebut berdampak besar terhadap waktu dan biaya pada proyek. Pelaksanaan yang mengalami keterlambatan perlu dilakukan percepatan. Salah satu metode percepatan yang akan dilakukan yaitu crashing program dengan pengurangan durasi proyek agar dapat mengejar prestasi yang tertinggal pada waktu-waktu sebelumnya dengan melakukan analisis jaringan kerja berupa CPM. Data yang dibutuhkan dalam studi ini adalah data sekunder berupa data time schedule, rencana anggaran, gambar desain proyek. Analisis kemudian dilakukan untuk mengetahui waktu dan biaya akibat percepatan dengan penambahan jam kerja dan penambahan tenaga kerja, selanjutnya dicari perbandingan waktu dan biaya yang optimum dari dua alternatif tersebut. (1) Berdasarkan hasil analasis percepataan dengan menambah tenaga kerja dan menambah jam kerja (lembur) pada proyek disimpulkan sebagai berikut: Total penjadwalan dengan durasi normalnya 224 hari, dan biaya normalnya Rp 7,215,535,715.(2) Total biaya pekerjaan percepatan (Crashing) dengan penambahan jam kerja didapatkan penambahan biaya sebesar Rp 7.223.333.865 atau naik sebesar 0,107%, dengan mengurangi durasi pekerjaan waktu selama 14 hari dari waktu normal 224 hari menjadi 210 hari atau penurunan sebesar 6,25%. Dan penambahan tenaga kerja didapatkan biaya sebesar Rp 7.525.722.730 dengan mengurangi durasi pekerjaan waktu selama 36 hari dari waktu normal 224 hari menjadi 188 hari. (3) Dari perhitungan percepatan (Crashing) dengan penambahan jam kerja proyek dan tenaga kerja proyek yang lebih optimum adalah penambahan tenaga kerja dengan biaya sebesar Rp 7.525.722.730 dan durasi 188 hari. Kata Kunci : Crashing, Penjadwalan, Biaya, Waktu, Tenaga Kerja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Marzenia Da Costa Silva (1821009)
Uncontrolled Keywords: Crashing, Penjadwalan, Biaya, Waktu, Tenaga Kerja
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Users 1222 not found.
Date Deposited: 04 May 2023 06:28
Last Modified: 04 May 2023 06:28
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11538

Actions (login required)

View Item View Item