ANALISA RESIKO- RESIKO YANG MEMPENGARUHI PENINGKATAN BIAYA PROYEK" (Studi Kasus Pada Kontraktor di Kota DILI-TIMOR LESTE)

Soares, Herfin Marino New Orleans (2011) ANALISA RESIKO- RESIKO YANG MEMPENGARUHI PENINGKATAN BIAYA PROYEK" (Studi Kasus Pada Kontraktor di Kota DILI-TIMOR LESTE). Skripsi thesis, itn malang.

[img] Text
0321075.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Resiko adalah kemungkinan hilang, rugi,atau rusak. Resiko dalam hubungannya dengan suatu proyek adalah kemungkinan rugi yang disebabkan karena hasil yang tidak sesuai dengan yang diharapkanatau diperkirakan. Persepsi kontraktor-kontraktor di kota Dili untuk menangani resiko-resiko yang mempengaruhi biaya peningkatan proyek yaitu: tenaga kerja, material, peralatan, dan manajemen konstruksi. Dari fakor-faktor tersebut bagaimana pengaruh yang diteliti terhadap peningkatan biaya proyek, faktor apakah yang paling dominan terhadap peningkatan biaya proyek, serta bagaimana cara kontraktor-kontraktor untuk menangani resiko yang mempengaruhi peningkatan biaya proyek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana persepsi kontraktor terhadap resiko-resiko yang mempengaruhi peningkatan biaya proyek. Metode penelitian yang digunakan adalah pengaruh faktor yang diteliti terhadap resiko peningkatan biaya proyek dan faktor resiko apakah yang paling dominan terhadap peningkatan biaya proyek menggunakian program statistik dengan bantuan program statical package for social science (SPSS). Dari hasil analisis data faktor yang mempengaruhi peningkatan biaya proyek adalah faktor tenaga kerja yang mempunyai nilai sebesar 0,280, faktor material yang mempunyai nilai sebesar 0.383, faktor peralatan mempunyai nilai sebesar 0.259, faktor manajemen dan pelaksanaan mempunyai nilai sebesar 0.259. dari keempat faktor diatas faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap peningkatan biaya proyek adalah faktor material yang mempunyai nilai sebesar 0.383. penanganan masalah peningkatan biaya proyek dengan melakukan pengadaan barang lebih awal,melaksanakan nilai kontrak dengan harga tetap,efisiensi biaya oleh kontraktor,dan program pengolahan resiko resiko.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Resiko, Peningkatan, Biaya.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Untuk Mahasiswa itn Malang
Date Deposited: 15 May 2023 03:27
Last Modified: 15 May 2023 03:27
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11559

Actions (login required)

View Item View Item