PENELITIAN PEMANFAATAN MATERIAL STYROFOAM LIMBAH SEBAGAI BAHAN PENGISI PADA PEMBUATAN ELEMEN DINDING BETON RINGAN DENGAN BENDA UJI BATAKO

Saputro, Dwi Nugroho Adi (2010) PENELITIAN PEMANFAATAN MATERIAL STYROFOAM LIMBAH SEBAGAI BAHAN PENGISI PADA PEMBUATAN ELEMEN DINDING BETON RINGAN DENGAN BENDA UJI BATAKO. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0321047.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk memanfatkan kembali limbah Styrofoam dan limbah pembakaran batu bara pada PLTU yaitu Pulverised Fly Ash (PFA) yang dicampur dengan semen untuk pembuatan beton ringan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dinding partisi sebagai pengganti batako konvensional. Pemilihan bahan Styrofoam Limbah pada pembuatan beton ringan adalah karena berat jenis ringan. Penelitian ini melakukan pencampuran material terdiri dari 3 jenis yang diantaranya: Semen, PFA, Styrofoam Limbah yang masing-masing komposisinya adalah : 45%; 45%; 10%; 42.5%; 42.5%; 15%; 40%; 40%; 20% dan 37.5%, 37.5%; 25%. Jenis pengujian yang dilakukan diantaranya uji tekan, uji letur, uji mortar. Jenis pengujian tersebut dilakukan karena harus disesuaikan dengan fungsi dinding itu sendiri sebagai sekat non struktural yang tahan tekan, tahan tarik, tahan lentur yang ringan dan kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dwi Nugroho Adi Saputro (0321047)
Uncontrolled Keywords: beton ringan, pulverized fly ash, styrofoam limbah,uji tekan, uji letur, uji tarik.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 16 May 2023 02:25
Last Modified: 16 May 2023 02:25
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11606

Actions (login required)

View Item View Item