STUDI PERENCANAAN PORTAL BETON BERTULANG PADA GEDUNG ADMINISTRASI NIAGA/AKUNTANSI 8 LANTAI POLITEKNIK NEGERI MALANG MENGGUNAKAN KOLOM BULAT DENGAN SISTEM RANGKA PEMIKUL MOMEN KHUSUS

Lende, Asterius (2023) STUDI PERENCANAAN PORTAL BETON BERTULANG PADA GEDUNG ADMINISTRASI NIAGA/AKUNTANSI 8 LANTAI POLITEKNIK NEGERI MALANG MENGGUNAKAN KOLOM BULAT DENGAN SISTEM RANGKA PEMIKUL MOMEN KHUSUS. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (862kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kota malang merupakan salah satu kota yang rawan gempa. Oleh karena itu dalam perencanaan gedung pada kota malang memerlukan sistem struktur yang memadai. Salah satu sistem struktur tahan gempa yang dapat digunakan adalah Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus. Dalam perencanaan struktur tahan gempa kolom harus didesain dengan mempertimbangkan konsep desain dimana kolom harus harus didesain sedetail mungkin agar dapat mengurangi leleh pada kolom. Penampang kolom yang digunakan juga mempengaruhi kekuatan struktur gedung, dimana kolom yang menggunakan sengkang persegi sebagai pengekang memiliki kekuatan yang berbeda dengan kolom yang menggunakan tulangan spiral. Oleh karena itu pada penyusunan Tugas Akhir ini penyusun mencoba merencanakan gedung Perkuliahan Adminstrasi niaga/Akuntansi Politeknik Negeri Malang menggunakan kolom bulat sebagai kolom utama.Dari hasil perhitungan didapatkan dimensi balok yang ditinjau adalah 400 x 700 dengan tulangan pada tumpuan atas 6 D22, tumpuan bawah 4 D22,pada daerah lapangan didapatkan lapangan atas 4 D22, lapangan bawah 4 D22.Untuk tulangan geser balok pada daerah sendi plastis 3D10-90 dan pada daerah luar sendi plastis 2D10-140.Untuk kolom yang ditinjau didapatkan dimensi kolom D1200 mm. Hasil penulangan kolom didapatkan tulangan utama 32 D22 dengan tulangan spiral dan pengekang pada daerah sendi plastis 4∅12-75 dan luar sendi plastis 4∅12-75.Dimana hasil perencanaan kolom sudah memenuhi konsep desain kapasitas kolom kuat balok lemah.Pada hubungan balok kolom didapatkan tulangan pengekang horizontal 4∅12 (12 lapis).Untuk pengekang vertikal tulangan utama kolom sudah mampu menahan geser vertikal. Kata kunci: Perencanaan Balok, Kolom Bulat, SRPMK, Struktur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Balok, Kolom Bulat, SRPMK, Struktur.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Users 1245 not found.
Date Deposited: 16 May 2023 06:41
Last Modified: 16 May 2023 06:41
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11646

Actions (login required)

View Item View Item