EFEKTIFITAS FINE MESH SEBAGAI CONFINEMENT DAN RETROFITTING KOLOM PERSEGI BETON BERTULANG TERHADAP KEKUATAN (f'ce) DAN REGANGAN (E'cc)

Tino, Loura Dian (2011) EFEKTIFITAS FINE MESH SEBAGAI CONFINEMENT DAN RETROFITTING KOLOM PERSEGI BETON BERTULANG TERHADAP KEKUATAN (f'ce) DAN REGANGAN (E'cc). Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0621036.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Hasil penelitian yang diperoleh dibandingkan dengan hasil analisis teoritis berdasarkan hubungan tegangan-regangan beton terkekang yang dikembangkan olch Mander, dkk. dapat disimpulkan bahwa fine mesh cukup efektif bilamana digunakan sebagai tulangan pengekang pada kolom beton dalam arti meningkatkan daktilitas beton. Ini dibuktikan fine mesh pada kolom beton terkekang tulangan sengkang yang dibungkus lagi oleh fine mesh (RCFMH) memberi efektifitas pengekangan yang setara dengan kolom beton terkekang tulangan sengkang BJTP (RCH) dengan perbedaan rasio tulangan transversal p,= 4,63%, kuat tekan (f'cc) berbeda 0,97 %, regangan beton terkekang (e'cc) berbeda 7,56 % dan regangan beton ultimit (e'cc) berbeda 4,29 % Sebaiknya kolom beton yang belum dirancang memikul beban gempa dapat diretrofit menggunakan fine mesh, agar dapat meningkatkan daktilitas dari kolom tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Loura Dian Tino (0621036)
Uncontrolled Keywords: Tulangan transversal, daktilitas, fine mesh, kolom beton bertulang, kuat tekan beton, pengekangan, regangan beton.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 19 May 2023 00:26
Last Modified: 19 May 2023 00:26
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11669

Actions (login required)

View Item View Item