Peningkatan Efektifitas Waktu Dengan Metode Fast Track Pada Proyek Konstruksi (Studi Kasus Pekerjaan Pembangunan Gedung Intensif Terpadu RSU DR. Saiful Anwar Malang),

Candra, Budi Prasetyo (2011) Peningkatan Efektifitas Waktu Dengan Metode Fast Track Pada Proyek Konstruksi (Studi Kasus Pekerjaan Pembangunan Gedung Intensif Terpadu RSU DR. Saiful Anwar Malang),. Skripsi thesis, itn malang.

[img] Text
0721006.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (13MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan dunia konstruksi saat ini menuntut semakin cepatnya pelaksanaan pembangunan suatu proyek. Penjadwalan merupakan bagian yang sangat penting dalam pelaksanaan suatu konstruksi guna mencapai standar mutu, waktu, dan biaya yang telah ditentukan. Pada umumnya penjadwalan proyek saat ini menggunakan metode bar chart dan kurva S. Namun metode tersebut memiliki kelemahan, yakni hubungan ketergantungan antar aktivitas tidak nampak sehingga dapat terjadi keterlambatan waktu. Oleh karena itu apabila ingin dipercepat, dapat dilakukan menggunakan metode trade off antara waktu dan biaya yang menyebabkan pembengkakan biaya. Skripsi ini bertujuan untuk menghasikan suatu metode perencanaan penjadwalan yang efektif dan efisien, serta memperoleh besarnya waktu percepatan yang dapat dihemat dari waktu normal atau bahkan dari target yang telah ditentukan. Metode penelitian yang digunakan menggunakan penjadwalan dengan modifikasi CPM, menerapkan fast track pada aktifitas-aktifitas yang berada pada lintasan kritis. Dengan menerapkan fast track pada perencanaan penjadwalan Pekerjaan Pembangunan Gedung Intensif Terpadu RSU DR. Saiful Anwar Malang didapatkan waktu penyelesaian normal sebesar 85 minggu, dan dengan menerapak metode fast track diperoleh waktu penyelesaian sebesar 35 minggu. Hal ini berarti telah mereduksi waktu sebesar 50 minggu /sekitar 58,824% dari waktu normal, atau dapat menghemat waktu sebesar 5 minggu dari kontrak yang telah ditetapkan yakni sebesar 40 minggu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Mr Sayekti Aditya Endra
Date Deposited: 22 May 2023 01:30
Last Modified: 22 May 2023 01:30
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11754

Actions (login required)

View Item View Item