PENGARUH PENAMBAHAN SERPIHAN PLASTIK TEREPHTHALATE (PET) SEBAGAI BAHAN SUBSTITUSI ASPAL TERHADAP KINERJA HOT ROLLED SHEET WEARING COURSE (HRS-WC)

Juliantoro, Juliantoro (2014) PENGARUH PENAMBAHAN SERPIHAN PLASTIK TEREPHTHALATE (PET) SEBAGAI BAHAN SUBSTITUSI ASPAL TERHADAP KINERJA HOT ROLLED SHEET WEARING COURSE (HRS-WC). Skripsi thesis, itn malang.

[img] Text
0721024.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (26MB)

Abstract

Campuran dengan pengikat aspal sebagai bahan untuk konstruksi jalan sudah lama dikenal dan digunakan secara luas dalam pembuatan jalan. Penggunaannya di Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat volumenya. Banyak penelitian dan percobaan yang telah dilakukan untuk menaikan mutu campuran beraspal, salah satunya dengan menambahkan plastik (polimer). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan serpihan plastik Polyethilene Terephthalate (PET) sebagai bahan substitusi aspal terhadap kinerja Hot Rolled Sheet Wearing Course, mengetahui kelayakan dari segi kekuatannya serta mengetahui prosentase optimum serpihan plastik Polyethilene Terephthalate (PET). Agregat kasar yang digunakan berasal dari Krisik, Wlingi, agregat halus dari Lumajang, filler menggunakan semen gresik dan aspal yang digunakan adalah aspal pertamina pen 60/70. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental yang dilakukan di laboratorium untuk benda eksperimen guna kemudian dianalisis secara statistik, dipakai untuk menguji hipotesis, sehingga didapatkan suatu kesimpulan akhir. Dari hasil penelitian yang dilakukan, penambahan serpihan plastik Polyethilene Terephthalate (PET) sebagai bahan subtitusi aspal berpengaruh terhadap kinerja Hot Rolled Sheet Wearing Course (HRS-WC) dimana hasil uji Fisher diperoleh Fhitung > Ftabel. Plastik Polyethilene Terephthalate (PET) layak digunakan sebagai bahan subtitusi aspal dengan parameter stabilitas yang meningkat sebesar 15,71% pada kondisi kadar subtitusi serpihan plastik optimum sebesar 1.41% dari berat aspal yang digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Subtitusi Aspal dengan Plastik Polyethilene Terephthalate.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Mr Sayekti Aditya Endra
Date Deposited: 22 May 2023 01:54
Last Modified: 22 May 2023 01:54
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11768

Actions (login required)

View Item View Item