FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PEMBESIAN PADA PT. BETON PRIMA INDONESIA KABUPATEN MOJOKERTO,

Yanto, Novi (2012) FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PEMBESIAN PADA PT. BETON PRIMA INDONESIA KABUPATEN MOJOKERTO,. Skripsi thesis, itn malang.

[img] Text
0721039.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Tenaga kerja sebagai salah satu faktor terpenting dalam penyelenggaraan suatu kegiatan proyek haruslah mendapatkan perhatian penting. Banyak faktornya yang mempengaruhi tingkat produktifitas tenaga kerja, faktor tersebut dapat berupa faktor internal maupun eksternal, seperti kondisi fisik lapangan dan sarana bantu, supervise, perencanaan dan koordinasi, dan lain sebagainya. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh dalam produktivitas di perusahaan penghasil produk konstruksi, serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan produktivitas tenaga kerja pembesian dengan SNI 2002. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuisioner dan pencatatan data setiap harinya. Pengolahan data penelitian menggunakan metode Correlation dan Regresi Linier berganda dan penyetaraan, Correlation dan Regresi dapat menunjukkan hubungan antara produktifitas dengan faktor-faktor pengaruhnya. Seberapa besar faktor-faktor tersebut mempengaruhi produktifitas dan faktor-faktor yang dominan yang mempengaruhi produktifitas. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh / kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat digunakan perhitungan koefesien Determinasi (r) dan dari hasil penguji didapat nilai 75.3 % hal ini menunjukan bahwa variabel bebas berpengaruh sebesar 75.3 % terhadap variabel terikat (produktifitas) dan 24.7 % lebihnya dipengaruhi oleh variabel / faktor lain yang tidak termasuk didalam penelitian ini. Dari hasil pengolahan data didapat hasil yang signifikan, dimana produktifitas rata-rata dilapangan sebesar 204,10 kg/hari, dan hasil pengujian Correlation dan Regresi menunjukkan 4 variabel yang mempengaruhi produktifitas yaitu variabel pengalaman, motivasi, lingkungan, dan pendidikan. faktor yang mempengaruhi dan produktifitas adalah variabel Pengalaman, motivasi, lingkungan dan Pendidikan. Dimana pengalaman berpengaruh sebesar 0.345 satuan terhadap produktifitas, motivasi sebesar 0.295 satuan terhadap produktifitas, lingkungan sebesar 0.285 terhadap produktifitas dan pendidikan sebesar 0.265 satuan terhadap produktifitas. Faktor yang paling dominan terhadap produktifitas pekerjaan pembesian pada PT Beton Prima Indonesia adalah pengalaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Produktifitas, Tenaga Kerja Pembesian, Variabel.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Mr Sayekti Aditya Endra
Date Deposited: 22 May 2023 02:23
Last Modified: 22 May 2023 02:23
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11788

Actions (login required)

View Item View Item