STUDI PERENCANAAN PERKERASAN KAKU METODE BINA MARGA DAN BIAYA PADA JALAN LEMBUDUD-BARIO KABUPATEN NUNUKAN-KALIMANTAN UTARA

Wati, Riski Dwi Andika (2016) STUDI PERENCANAAN PERKERASAN KAKU METODE BINA MARGA DAN BIAYA PADA JALAN LEMBUDUD-BARIO KABUPATEN NUNUKAN-KALIMANTAN UTARA. Skripsi thesis, itn malang.

[img] Text
1421909.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (18MB)

Abstract

Kabupaten Nunukan merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Utara yang merupakan wilayah pemekaran dari Kabupaten Bulungan.-lai menyebabkan pertambahan jumlah penduduk dan kebutuhan perekonomian semakin berkembang yang berujung pada peningkatan jumlah kendaraan. Salah satu cara yang dilakukan untuk mengatasi peningkatan lalu lintas yang padat yaitu dengan membangun infrastruktur. Berdasarkan kondisi tanah di Kalimantan Utara, konstruksi jalan yang sesuai adalah perkerasan kaku. Salah satu jalan yang akan di bangun adalah jalan Lembudud - Bario yang merupakan jalan kolektor primer yang menghubungkan Kecamatan Lembudud dengan perbatasan Malaysia Indonesia. Skripsi ini - bertujuan untuk menghitung tebal perkerasan kaku dengan Metode Bina Marga, serta mengetahui biaya konstruksi perkerasan kaku. Dalam perencanaan perkerasan kaku Jalan Lembudud - Bario dilakukan pengumpulan data-data berupa jumlah lalulintas harian rata-rata, CBR tanah dasar pada Sta 0+000 s/d Sta 8+000 guna menentukan tebal pelat beton dan jenis lapis pondasi yang digunakan. Perhitungan yang dilakukan menggunakan Metode Bina Marga yang berpedoman pada Pd T-14-2003. Dalam hal ini data-data yang diperoleh berupa data skunder yang terdiri dari data lalulintas tahun 2011, 2012, 2013, dan data CBR tahun 2013, umur dan lajur rencana, harga bahan tahun 2014. Semua data-data tersebut diperoleh dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Timur dan dari CV. RIMA CIPTA konsultan, Samarinda. Hasil perhitungan yang telah dilakukan untuk umur rencana 20 tahun, diperoleh tebal pelat rencana 170 mm dan 175 mm dengan lapis pondasi berupa Bahan Pengikat dengan tebal 100 mm sampai 150 mm. Sedangkan dari hasil analisa biaya pada perkerasan kaku untuk panjang jalan 8000 m dan lebar jalan 7.00 m sebesar Rp. 44,412,355,000.00.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perkerasan Kaku, Analisa Biaya, Metode Bina Marga, Perhitungan Tebal Perkerasan
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Mr Sayekti Aditya Endra
Date Deposited: 24 May 2023 02:08
Last Modified: 24 May 2023 02:08
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11886

Actions (login required)

View Item View Item