DESAIN SISTEM RANGKA PEMIKUL MOMEN DAN DINDING STRUKTUR BETON BERTULANG TAHAN GEMPA PADA GEDUNG MIPA UNIVERSITAS BAWIJAYA MALANG

Putra, Nuruddin Darmawan (2016) DESAIN SISTEM RANGKA PEMIKUL MOMEN DAN DINDING STRUKTUR BETON BERTULANG TAHAN GEMPA PADA GEDUNG MIPA UNIVERSITAS BAWIJAYA MALANG. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
1221137.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (28MB)

Abstract

Pada penulisan Tugas Akhir ini adalah Desain Sistem Rangka Pemikul Momen dan Dinding Struktur Beton Bertulang Tahan Gempa Pada Gedung MIPA Universitas Brawijaya, Perencanaan Dual System ini gabungan rangka dan dinding geser ini berfungsi sebagai perkuliahan. Untuk perencanaan dinding geser difokuskan untuk mencari dimensi dinding geser kemudian dianalisa tulangan tranversal dan tulangan longitudinalnya,sedangkan untuk rangka bangunan menggunakan Balok T. Analisa statika pada model gedung menggunakan program bantu ETABS. Dari hasil gaya-gaya dalam yang didapat dari program bantu direncanakan tulangan transversal dan longitudinal untuk dinding yang geser. Maka didapatkan jumlah tulangan longitudinal pada masing-masing rangkaian ialah 64 D 16 Pada Tulangan Transversal setiap rangkaian didapatkan 12-100 dan pada sambungan 012-55. Sedangkan dimensi dinding geser panjang 6450 mm dan lebar 300 mm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nuruddin Darmawan Putra (1221137)
Uncontrolled Keywords: Tahan Gempa, Sistem Rangka Pemikul Momen, dinding geser berjenjang, tulangan longitudinal, dan tulangan tranversal.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 25 May 2023 01:17
Last Modified: 25 May 2023 01:17
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11902

Actions (login required)

View Item View Item