PERENCANAAN DINDING GESER KANTILEVER SEBAGAI PENAHAN BEBAN GEMPA MENGIKUTI KLASIFIKASI WILAYAH IV (SRPMK) PADA GEDUNG MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (MIPA) UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG

Goncalves, Edigio (2014) PERENCANAAN DINDING GESER KANTILEVER SEBAGAI PENAHAN BEBAN GEMPA MENGIKUTI KLASIFIKASI WILAYAH IV (SRPMK) PADA GEDUNG MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (MIPA) UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
1221907.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (32MB)

Abstract

Struktur dinding geser adalah struktur yang sangat efektif dan menyumbangkan kekakuan yang besar pada keseluruhan struktur. Ini agar struktur tersebut lebih aman, kuat stabil, elastis dan nyaman dalam penggunaannya dengan pertimbangan biaya, waktu pelaksanaan konstruksi serta estetis maupun keekonomisannya. Dinding geser kantilever (free standing shear wall) adalah suatu dinding geser tanpa lubang-lubang yang membawa pengaruh pada analisis beban gempa rencana dengan gempa dinamik 3 dimensi. Analisis struktur menggunakan program bantu teknik sipil StaadPro. Puntir (Torsi) terjadi pada konstruksi beton monolit, terutama apabila beban bekerja pada jarak yang nol dari sumbu memanjang batang struktur dan atau puntir terjadi akibat balok-geser atau kolom terhadap sumbunya. Perputaran yang diakibatkan oleh beban-beban yang titik kerjanya tidak terletak pada sumbu simetri vertikal. Sehingga sistim Dinding Geser Kantilever ini memperhitungkan efek eksentrisitas Pusat Massa (Center of Mass) terhadap pusat kekakuan (Center of Rigidity) pada struktur dan memenuhi syarat untuk dianalisis gempa dinamik 3 dimensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Edigio Goncalves (1221907)
Uncontrolled Keywords: Dinding Geser
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 25 May 2023 01:17
Last Modified: 25 May 2023 01:17
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11907

Actions (login required)

View Item View Item