PERBAIKAN TANAH DENGAN METODE PRELOADING KOMBINASI VERTIKAL DRAIN UNTUK MENGATASI PENURUNAN TANAH (Studi Kasus Proyek Pembangunan PKS CBI Industrial Area di Pangkalan Bun Kalimantan Tengah)

Purnomo, Eko (2014) PERBAIKAN TANAH DENGAN METODE PRELOADING KOMBINASI VERTIKAL DRAIN UNTUK MENGATASI PENURUNAN TANAH (Studi Kasus Proyek Pembangunan PKS CBI Industrial Area di Pangkalan Bun Kalimantan Tengah). Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
1221910.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (14MB)

Abstract

Metode preloading dengan kombinasi pre-fabricated vertical drains (PVD) merupakan salah metode yang digunakan untuk mempercepat proses konsolidasi. Caranya adalah memberikan beban berupa timbunan pada tanah lempung yang sebelumnya telah diberi sistem drainase vertikal berupa PVD. Hasil analisa perhitungan pada area perkebunan tersebut dengan menggunakan metode preloading dan kombinasi pre-fabricated vertical drains (PVD) menyimpulkan bahwa waktu penurunan dapat dipercepat. Dengan penurunan tanah yang terjadi 29,437 meter pada derajat konsolidasi 90% dan beban timbunan setinggi 11,5 meter serta digunakan pola segitiga pada pemasangan PVD dengan jarak 0,8 meter, menunjukan waktu penurunan lebih cepat 6961,08% dari pada preloading tanpa PVD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Eko Purnomo (1221910)
Uncontrolled Keywords: Konsolidasi, Penurunan, Preloading, Vertikal Drain.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 25 May 2023 01:17
Last Modified: 25 May 2023 01:17
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/11908

Actions (login required)

View Item View Item