PENGEMBANGAN GAME PETUALANGAN “AGAZZ SI PENDEKAR“ DENGAN MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE UNTUK PEMBENTUKAN PERILAKU NON PLAYER CHARACTER

Hidayat, Muhammad Agus (2019) PENGEMBANGAN GAME PETUALANGAN “AGAZZ SI PENDEKAR“ DENGAN MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE UNTUK PEMBENTUKAN PERILAKU NON PLAYER CHARACTER. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
Laporan Skripsi 2018-2019.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Permainan atau sering disebut dengan Game merupakan suatu sarana hiburan yang diminati dan dimainkan oleh banyak orang baik dari kalangan anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Game ini terdiri dari game tradisional merupakan segala bentuk permainan yang telah ada zaman dahulu dan diwariskan secara turun menurun dari generasi ke generasi. Kulaitas game ditentukan oleh beberapa aspek, baik dari kecerdasan buatan, konten yang disajikan dan yang lain sebagainya. Dalam game ini menggunakan game engine adobe flash CS6, dengan menerapkan kecerdasan buatan FSM (Funite State Machine). FSM (Finite Stare Machine) digunakan pada karakter NPC (Non Playable Character) yaitu karakter yang digerakan oleh kecerdasan buatan yang digunakan untuk mendukung game tersebut. Seperti karakter Enemy dan Player yang menggunakan tiga hal yaitu State (Keadaan), event (Keadian) , dan action Aksi. sebagai metodelogi perancangan pergerakan pada karakter NPC (Non Player Character). Dari pengujian yang telah dilakukan hasil dan kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine) pada game Petualangan „Agazz Si Pendear‟ ini karakter NPC (Non Player Character) dapat mendeteksi keberadaan player untuk menentukan aksi serangan dengan Jarak pixel dari player dan aksi mengejar dengan jarak tertentu dan player tanpa melibatkan pengguna game, dan hasil pengujian presentase yang dicapai yaitu 100%. Kata Kunci : Game, Petualangan , Agazz Si Pendekar, FSM, NPC

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Game, Petualangan , Agazz Si Pendekar, FSM, NPC
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Ms Nunuk Yuli
Date Deposited: 06 Feb 2019 04:13
Last Modified: 13 Mar 2019 02:08
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/1217

Actions (login required)

View Item View Item