Perencanaan Struktur Atas Jembatan Hasan Basri Muara Teweh Dengan Metode Cable Stayed

Gyandhani, Ryandhon (2022) Perencanaan Struktur Atas Jembatan Hasan Basri Muara Teweh Dengan Metode Cable Stayed. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
1721133_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
1721133_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
1721133_BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text
1721133_BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
1721133_BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (83kB)
[img] Text
1721133_BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text
1721133_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (69kB)
[img] Text
1721133_LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
1721133_JURNAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (742kB)

Abstract

Jembatan Hasan Basri Muara Teweh mulai dibangun pada tahun 1990 dan selesai serta diresmikan pada tahun 1995 dengan tipe jembatan warren truss dengan panjang 260 m, tinggi 6 m dan lebar 7 m. Jembatan ini merupakan prasarana penyeberangan utama sungai Barito di kota Muara Teweh, sehingga memiliki peranan yang sangat penting dalam pergerakan arus lalu lintas Kota Muara Teweh dan sekitarnya. Pada usianya yang telah menginjak 27 tahun jembatan Hasan Basri saat ini telah beberapa kali mengalami kerusakan baik pada pilar maupun pada lantai jembatan, dimana kerusakan ini dapat membahayakan pengguna jembatan serta akan mengakibatkan tergangginya arus lalu lintas pada saat perbaikan. Studi kasus ini membahas mengenai Jembatan Hasan Basri Muara Teweh yang dilakukan Studi Alternatifnya menggunakan sistem single-plane cable-stayed, dimana jembatan terbagi menjadi 2 bentang simestris dengan panjang masing-masing bentang 130 m. Jembatan ini didesain menggunakan orthotropic steel deck yang memiliki 4 lajur kendaraan dengan lebar masing-masing lajur 3 m, 2 buah trotoar dengan lebar masing-masing 1 meter, dan median yang juga menjadi area angkur kabel dengan lebar 4 meter. Jembatan ini di Analisa menggunakan software Midas Civil dengan lendutan maksimum dek ditentukan sebesar 0,122763 m, dan menggunakan kabel dengan jumlah strand 127 buah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ryandhon Gyandhani (1721133)
Uncontrolled Keywords: cable stayed, Jembatan, Perencanaan Jembatan
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Ryandhon Gyandhani
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:42
Last Modified: 07 Jul 2023 02:42
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12232

Actions (login required)

View Item View Item