LAPORAN TUGAS AKHIR ANALISIS POSTUR KERJA PEKERJA TUBUH PENGUPAS KELAPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE RAPID UPER LIMB ASSEMENT (RULA)

KRISNA AJI, AGUSTI CANDRA (2022) LAPORAN TUGAS AKHIR ANALISIS POSTUR KERJA PEKERJA TUBUH PENGUPAS KELAPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE RAPID UPER LIMB ASSEMENT (RULA). Diploma thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
1953005_COVER.pdf

Download (489kB)
[img] Text
1953005_BAB I.pdf

Download (201kB)
[img] Text
1953005_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text
1953005_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text
1953005_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text
1953005_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text
1953005_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text
1953005_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy

Abstract

Home Industry adalah rumah usaha produk barang atau juga perusahaan kecil. Dikatakan sebagai perusahaan kecil karena jenis kegiatan ekonomi ini dipusatkan di suatu daerah kecil berdasarkan kebutuhan dan permintaan umum yang ada di daerahnya. Dalam prosesnya tiap home industry memiliki beban kerja masing masing yang berbeda. Beban kerja ini tentunya akan menimbulkan dampak baik fisik maupun mental. Semakin berkembangnya dunia bisnis serta mulai diterapkan nya bisnis dalam berbagai bidang menimbulkan berbagai dampak yang berbeda pada prosesnya. Setiap proses produksi tentunya tidak jauh dari kontribusi manusia sebagai operator yang menjalankan tiap prosesnya.Penerapan kenyamanan kerja yang baik serta penerapan enterpreneur untuk perkembangan home industry itu sendiri di perlukan agar prosesnya berjalan dengan baik Salah satunya, Home Industry Es Degan Ijo merupakan pengelolahan air kelapa yang berada di Jl Jendral Sudirman Kepanjen, Ketawang Ngadilangkung, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Metodologi penelitian secara operasional merupakan cara yang dilakukan untuk mendapatkan data maupun informasi yang berhubungan dengan yang masih diteliti. Langkah-langkah penelitian yang dilakukan sebelum melakukan perbaikan metode kerja adalah : 1. Melakukan survei lapangan untuk mengamati pengeupasan kelapa yang ada saat ini. 2. Melakukan pengumpulan dan pengolahan data waktu standar dan output standard untuk digunakan sebagai penunjang untuk menganalisa waktu standar dan output standard yang dilakukan oleh operator saat melakukan aktivitas kerja langsung dengan alat lama atau alat yang sudah ada untuk saat ini. 3. Melakukan perhitungan waktu standar dan output standardpada pengupas kelapa. 4. Uji coba mesin pengupas dan pembelah. 5. Menghitung waktu standar dan output standard alat baru setelah perbaikan. 6. Membandingkan hasil waktu kerja dari hasil kondisi alat lama sebelum perbaikan dan kondisi alat baru setelah perbaikan. 7. Laporan. Setelah perbaikan sistem kerja pada pengupasan dan pembelahan kelapa data yang di hasilkan dari alat lama dan alat baru adalah : 1. Data yang di hasilkan dari perhitungan menggunakan alat lama sebesar 0,15 kelapa muda/menit. 2. Data yang di hasilkan dari perhitungan menggunakan alat baru sebesar 1,12 kelapa muda/menit. Maka dari hasil perhitungan alat baru dan alat lama mampu menambah produktifitas kerja maupun produksi. Besar Outpust standart nya mengalami kenaikan sebesar 0,65%. Dari pengambilan data kualitatif ini dapat diketahui bahwa mesin yang di butukan dalam UMKM Es Degan Ijo adalah mesin pengupas dan pembelah kelapa muda semi otomatis yang dapat mempermudah proses pengupasan atau pemotongan kelapa muda, sehingga dapat mempersingkat waktu proses dan mengurangi pengeluaran tenaga yang berlebih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Agusti Candra Krisna Aji
Uncontrolled Keywords: Home Industry Es Degan Ijo
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri DIII > Teknik Industri DIII(Tugas Akhir)
Depositing User: Candra Krisna Aji Agusti
Date Deposited: 09 Nov 2023 02:53
Last Modified: 09 Nov 2023 02:53
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12236

Actions (login required)

View Item View Item