PENERAPAN METODE FUZZY LOGIC UNTUK PEMBENTUKAN PERILAKU NON PLAYER CHARAKTER PADA GAME PETUALANG FINDING CHIKO

Hariyanto, Rendy Dimas (2019) PENERAPAN METODE FUZZY LOGIC UNTUK PEMBENTUKAN PERILAKU NON PLAYER CHARAKTER PADA GAME PETUALANG FINDING CHIKO. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Permainan atau sering disebut dengan game merupakan media hiburan yang sangat diminati hampir semua kalangan masyarakat. baik dari kalangan anakanak, mempun orang dewasa. Kualitas game ditentukan oleh beberapa aspek baik dari kecerdasan buatan konten yarg disajikan dan lain sebagainya.Perangkat lunak aplikasi yang digunakan dalam pembuatan pembuatan game ini adalah Adobe Flash CS6 dengan bahasa pemrograman Action Script 2.0. Adobe Flash CS6 adalah salah satu perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat animasi. Dengan aplikasi Adobe Flash CS6 game yang dibuat dapat dilengkapi dengan bebrapa macam animasi, audio, interaktif animasi dllsistem operasi yang dibutuhkan untuk menjalankan game ini adalah sistem operasi windows, dan Flash Player yang sudah terinstal pada laptop/komputer pengguna. Kecerdasan buatan yang digunakan pada Game ini adalah metode FSM ( Finite State Machine ) pada musuh biasa sedangkan untuk musuh bos menggunakan Fuzzy Logic. NPC bertugas untuk “berjaga”, “mendekat”, “Mengganggu”, dan “kabur”. Perancangan strategi gerak NPC menggunakan Finite State Machine dan Fuzzy logic digunakan untuk menentukan respon NPC terhadap kondisi tertentu dengan cara membandingkan perhitungan manual dan perilaku yang dihasilkan pada game.dan menggunakan nilai masukan variable kesehatan dan jarak terhadap pemain. Dari pengujian yang telah dilakukan, untuk menentukan serangan musuh prajurit dengan player pada game “Finding Chiko” menggunakan kecerdasan buatan FSM (Finite state machine). dengan menentukan jarak dan dari player untuk melakukan aksi serangan musuh tanpa melibatkan pengguna. Sedangkan Fuzzy Logic bisa diterapkan pada musuh bos untuk memberikan tindakan berupa kabur tergantung nyawa dan jarak. Kata kunci : Finite State Machine, Adobe Flash, Fuzzy Logic, Game Adventure, Windows

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Finite State Machine, Adobe Flash, Fuzzy Logic, Game Adventure, Windows
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Ms Nunuk Yuli
Date Deposited: 06 Feb 2019 04:20
Last Modified: 13 Mar 2019 02:08
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/1224

Actions (login required)

View Item View Item