PENURUNAN KANDUNGAN TEMBAGA (Cu) DALAM LIMBAH CAIR INDUSTRI ELEKTROPLATTING DENGAN MENGGUNAKAN FURNACE BOTTOM ASH (FBA) SEBAGAI MEDIA ABSORPSI

PRAMESRTYASARI, DESSY (2007) PENURUNAN KANDUNGAN TEMBAGA (Cu) DALAM LIMBAH CAIR INDUSTRI ELEKTROPLATTING DENGAN MENGGUNAKAN FURNACE BOTTOM ASH (FBA) SEBAGAI MEDIA ABSORPSI. Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG.

[img] Text
0126018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Air limbah yang mengandung tembaga (Cu) apabila langsung dibuang ke badan air dalam konsentrasi yang melebihi ambang batas dapat menimbulkan efek yang sangat berbahaya, baik bagi lingkungan badan air tersebut, hewan serta manusia. Salah satu sumber utama Cu berasal dari industri elektroplatting, dan terdapat berbagai macam alternatif yang dikembangkan untuk mengolah limbah cair industri elektroplatting salah satunya dengan cara memanfaatkan Furnace Bottom Ash sebagai media adsorpsi. Furnace Bottom Ash (FBA) merupakan sisa pembakaran batubara yang ditemui pada industri Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PL TU) yang menggunakan batubara sebagai bahan bakarnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan FBA sebagai media adsorbent untuk menurunkan kadar logam berat Cu dalam industri elektroplatting. Penelitian ini dilakukan secara batch dengan variasi ukuran butir media FBA (2 mm, 1,4 mm, 1 mm) dan berat media (10 gr, 20 gr, 30 gr). Sedangkan pada pengolahan lanjutan dengan menggunakan kolom adsorpsi aliran kontinyu yang mana diameter media FBA yang digunakan adalah diameter optimum dalam menurunkan kadar Cu pada proses pendahuluan, dan variasi yang digunakan adalah variasi ketinggian media (10 cm, 20 cm, 30 cm) serta waktu pengambilan sampel (2 jam, 4 jam, 6 jam). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase penurunan Cu tertinggi dengan media Furnace Bottom Ash pada proses batch adalah 87,36 % pada diameter media 1 mm dan berat media 30 gr, sedangkan pada proses kontinyu persentase penurunan Cu tertinggi adalah 95,40 % pada ketinggian media 30 cm dan waktu pengambilan sampel jam ke -6.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Environmental Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Lingkungan S1 > Teknik Lingkungan S1(Skripsi)
Depositing User: Handoyo Eka
Date Deposited: 14 Jul 2023 00:31
Last Modified: 14 Jul 2023 00:31
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12246

Actions (login required)

View Item View Item