PEMANFMTAN LIMBAH PADAT KERTAS (SLUDGE) DAN LIMBAH PADAT PEMBAKARAN BATUBARA (FLY ASH) SEBAGAI ALTERNATIF PEMBUATAN PAVING BLOCK.

LESTARIANI, DIAH WAHYU (2007) PEMANFMTAN LIMBAH PADAT KERTAS (SLUDGE) DAN LIMBAH PADAT PEMBAKARAN BATUBARA (FLY ASH) SEBAGAI ALTERNATIF PEMBUATAN PAVING BLOCK. Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG.

[img] Text
0126022.pdf

Download (11MB)

Abstract

Selain komponen bangunan, u.ntuk memenuhi kebutuhan hidupnya manusia mengembangkan produk - produk lain baik dibidang energi maupu.n kebutuhan dasar lainnya yang dalam prosesnya menghasilkan limbah yang dapat membahayakan lingkungan seperti PL TU yang menghasilkan fly ash dan pabrik kertas yang menghasilkan sludge. u.ntuk mengatasi permasalahan tersebut maka limbah - limbah tersebut dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan paving block Penelitian ini bertujuan u.ntuk menentukan komposisi fly ash dan sludge yang terbaik sehingga dapat menghasilkan paving block dengan kualitas yang baik sesuai dengan SNI 03-0691-1996 dan menentukan jumlah reduksi limbah padat. Metode yang digunakan adalah metode stabilisasi - solidifikasi yaitu mengubah watak fisik dan kimiawi limbah B-3 dengan cara penambahan senyawa pengikat yaitu dengan cara memanfaatkan limbah sebagai paving block. V ariabel yang digu.nakan dalam penelitian ini berdasarkan perbandingan berat semen, fly ash, pasir, dan sludge. Untuk variasi semen danfly ash sebagai pengikat yaitu (1:0. 0,9:0,1.0,8:0,2. 0,7:0,3), sedangkan variasi sludge dan pasir sebagai agregat (4:0. 3:1. 2,5:1,5. 2:2), uji kualitas paving block disesuaikan dengan SNI 03-0691- 1996 meliputi uji kuat tekan, uji penyerapan air, uji leaching. Hasil penelitian menu.njukkan bahwa: (1) Perbandingan komposisi pengikat dan agregat adalah 1: 4, untuk komposisi semen dan fly ash sebagai pengikat yaitu 0,8 : 0,2, sedangkan komposisi pasir dan sludge sebagai agergat yaitu 3 : 1 memiliki mutu paving block kelas B u.ntuk kuat tekan dan penyerapan air, yang dapat digunakan untuk pelataran parkir. (2) Kadar Pb pada uji leaching dalam paving block berada dibawah baku mutu uji TCLP. (3) Pemanfaatan sludge dalam pembuatan paving block dapat mereduksi sludge sebesar 0,56 kg dan fly ash 0,112 kg.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Environmental Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Lingkungan S1 > Teknik Lingkungan S1(Skripsi)
Depositing User: Handoyo Eka
Date Deposited: 14 Jul 2023 00:31
Last Modified: 14 Jul 2023 00:31
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12249

Actions (login required)

View Item View Item