KAJIAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESADARAN MASYARAKAT MEMISAHKAN SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK RUMAH TANGGA DI WILAYAH KECAMATAN DENPASAR BARAT

SUGIHARTO, WAWAN (2006) KAJIAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESADARAN MASYARAKAT MEMISAHKAN SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK RUMAH TANGGA DI WILAYAH KECAMATAN DENPASAR BARAT. Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG.

[img] Text
0126023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Saat ini masalah sampah adalah masalah semua negara didunia. Kecamatan Denpasar Barat sebagai salah satu kecamatan di Kota Denpasar juga mengalami masalah sampah yang jumlah semakin hari semakin bertambah. lni terjadi karena tidak adanya pengelolaan sampah oleh penghasil sampah. Pengelolaan sampah yang baik adalah pengelolaan sampah sejak dari sumbemya karena dapat mengurangi jumlah sampah yang akan dibuang ke tempat pembuangan akhir. Salah satunya adalah dengan memisahkan antara sampah organik dan sampah anorganik yang dihasilkan oleh rumah tangga. Namun usaha tersebut mendapat kendala karena kesadaran masyarakat untuk memisahkan sampah organik dan sampah anorganik yang dihasilkan rumah tangga masih sangat kurang. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor yang paling berpengaruh terhadap kesadaran masyarakat untuk memisahkan sampah organik dan sampah anorganik yang dihasilkan oleh rumah tangga di wilayah Kecamatan Denpasar Barat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk bahan referensi perencanaan sistem pengelolaan sampah serta fasilitas pengelolaan sampah ditahun mendatang oleh Pemerintah Kota Denpasar khususnya Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Denpasar. Lokasi penelitian ditetapkan di Kecamatan Denpasar Barat Kota Denpasar karena Denpasar Barat adalah kecamatan yang mempunyai luas wilayah yang terf uas diantara tiga kecamatan di kota Denpasar serta jumlah penduduk yang terpadat. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode random sampling yaitu teknik pengambilan sampel secara acak pada suatu populasi. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode kuesioner, wawancara dan observasi langsung pada objek penelitian. Data-data yang didapat kemudian diuji dengan uji validltas dan uji reabilitas untuk mengetahui kevalidan/kesahihan serta seberapa besar instrumen kuesioner dapat diandalkan. Analisa deskriptif digunakan untuk merangkum data-data yang masih mentah sehingga mudah untuk diterjemahkan. Analisa terakhir yang dilakukan adalah analisa regresi berganda yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Hasil dari penelitian menunjukkan faktor kebiasaan memisahkan sampah adalah faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi kesadaran masyarakat untuk memisahkan sampah organik dan anorganik sedangkan tingkat pendidikan adalah faktor yang paling kecil pengaruhnya.• Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat perlu dibudayakan membuang sampah secara terpisah sejak dari keluarga karena keluarga adalah tempat pertama seorang anak mendapatkan pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Environmental Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Lingkungan S1 > Teknik Lingkungan S1(Skripsi)
Depositing User: Handoyo Eka
Date Deposited: 14 Jul 2023 00:31
Last Modified: 14 Jul 2023 00:31
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12250

Actions (login required)

View Item View Item