SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMAAN BEASISWA DENGAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY SOLUTION (TOPSIS) UNTUK SISWA-SISWI MADRASAH ALIYAH NEGERI WLINGI KABUPATEN BLITAR

VERDIANSYAH, DIMAS ALIP (2016) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMAAN BEASISWA DENGAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY SOLUTION (TOPSIS) UNTUK SISWA-SISWI MADRASAH ALIYAH NEGERI WLINGI KABUPATEN BLITAR. Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI MALANG.

[img] Text
1218062 (2016).pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Sesuai dengan peraturan yang sudah ditentukan oleh pihak pendonor beasiswa untuk memperoleh beasiswa, maka diperlukan kriteria-kriteria untuk menentukan siapa yang akan terpilih untuk menerima beasiswa. Pembagian beasiswa dilakukan oleh beberapa lembaga untuk membantu seseorang yang kurang mampu ataupun berprestasi selama menempuh studinya. Untuk membantu penentuan dalam menetapkan seseorang yang layak menerima beasiswa maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan. Metode yang dapat digunakan untuk Sistem Pendukung Keputusan adalah dengan menggunakan Technique Order Preference by Similarity To Ideal Solution (I'OPSIS). Pada penelitian ini akan diangkat suatu lcasus yaitu mencari alternative terbaik berdasarkan kriteriakriteria yang telah ditentukan dengan mengggunakan metode TO PSIS. Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksudkan yaitu yang berhak menerima beasiswa berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan proses pengurutan kandidat yang akan menentukan alternatif yang optimal, yaitu siswa terbaik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro S1 > Teknik Elektro S1(Skripsi)
Depositing User: Handoyo Eka
Date Deposited: 20 Jul 2023 00:47
Last Modified: 20 Jul 2023 00:47
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12310

Actions (login required)

View Item View Item