PROTOTYPE PENGENDALIAN AUTOMATIC TRANSFER SWITCH (ATS) DAN AUTOMATIC MAIN FAILURE (AMF) PLN - UPS - GENSET BERBASIS SMART RELAY

V.P.P, STEVANUS SEPTIAN (2016) PROTOTYPE PENGENDALIAN AUTOMATIC TRANSFER SWITCH (ATS) DAN AUTOMATIC MAIN FAILURE (AMF) PLN - UPS - GENSET BERBASIS SMART RELAY. Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI MALANG.

[img] Text
1312918 (2016).pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Kebutuhan listrilc kian meningkat pesat, ha/ ini menuntut lcontinuitas pasokan energy listrik ke se/uruh penjuru daerah. Seiring dengan kemajuan teknologi di sega/a bidang, maka catu daya utama PLN sangat berpengaruh terhadap penyediaan energy listrik bagi /ayanan publik Akan tetapi suplay daya utama yang berasal dari PLN tidak selamanya kontinu dalam penya/urannya, Suatu saat pasti terjadi pemadaman yang dikarenakan gangguan pada system pembanglcit, system transmisi, dan system distribusl'l. Sedangkan suplay daya listrik sangat dibutuhkan pada pusat perbelanjaan, perhotelan, perbankkan, rumah salcit, tempat ibadah maupun industri dalam menjalankan produksinya. Dalam studi kasus salah satu tempat ibadah ( mosjid) di kota malang, be/um adanya inovasi tmtuk sup/ay daya cadangan di masjid tersebut. Maka dari itu perlu adanya teknologi yang dapat membantu permasalahan tersebut dengan mengunalcan Gensel dan UPS dengan system Automatic Tran/er Switch (ATS) dan Automatic Main Fai/Ul'e (AMF) berbasis smart relay. Maka dari itu penulis mencoba merancang prototype Pengendalian Automatic Transfer Switch (ATS) dan Automatic Main Fai/Ul'e (AMF) PLN - UPS- GENSET berbasis Smart Relay dimana ATS dan AMF dikendalikan oleh Zelio smart relay SRJB121BD, Saat PLN Mati, UPS a/can mensuplay daya ke beban yang telah di tentukan sebagai beban pilihan I beban darurat, bersamaan dengan itu UPS menjalankan progam AMF untulc menghidupkan Gensel hingga genset siap dibebani. Saal PLN kembali Hidup, Gensel akan otomatis mati. Behan Maksimal Prototype adalah 900 VA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro S1 > Teknik Elektro S1(Skripsi)
Depositing User: Handoyo Eka
Date Deposited: 20 Jul 2023 00:47
Last Modified: 20 Jul 2023 00:47
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12313

Actions (login required)

View Item View Item