RANCANG BANGUN SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA E-RECRUITMENT KARYAWAN DENGAN METODE FUZZY MAMDANI BERBASIS WEB (STUDI KASUS EL HOTEL MALANG)

RAFSANJANI, NUKI (2015) RANCANG BANGUN SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA E-RECRUITMENT KARYAWAN DENGAN METODE FUZZY MAMDANI BERBASIS WEB (STUDI KASUS EL HOTEL MALANG). Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI MALANG.

[img] Text
1118078.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam suatu perusahaan. Oleh karena itu SDM harus dikelola dengan baik untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi Perusahaan. Adapun aktivitas - aktivitas manajemen SDM ini terdiri dari pengolahan, penataan, pengurusan, pengaturan atau pengendalian dalam menentukan penerimaan karyawan. Adapun dalam proses perhitungan keputusan untuk menentukan penerimaan karyawan yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan logika fuzzy dengan metode mamdani. Dimana logika fuzzy mempunyai kemampuan untuk memproses variabel yang bersifat kabur atau yang tidak dapat dideskripsikan secara pasti seperti misalnya sering, cepat, sangat baik dan sebagainya. Berdasarkan alasan diatas maka dibuatlah sistem yang berjudul " Rancang Bangun Sistem Pengambilan Keputusan Pada E - Recruitment Karyawan Dengan Metode Fuzzy Mamdani Berbasis Web ", diharapkan dapat membantu kine1ja pada EL Hotel Malang di bagian SDMuntuk merekrut atau memilih karyawan sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Sitem ini dirancang agar SDM mudah dalam menentukan penerimaan karyawan melalui website online, dalam sistem ini terdiri dari dua hak akses yaitu hak akses sebagai member dan admin. Untuk penentuan penerimaan karyawan penulis memiliki tiga kriteria yaitu Nilai Akademik, Tes Potensi Akademik dan Tes Wawancara setelah kriteria terpenuhi proses seelanjutnya adalah perhitungan menggunakan metode Fuzzy Mamdani. Dari proses pengujian yang telah dilakukan diperoleh hasil pengujian fungsional sistem pada browser Opera 27.0 dan Google Chrome 40.0 semua menu dan proses berjalan dengan sempurna sesuai yang diinginkan. Sedangkan pada Browser Mozilla 35.0 ada beberapa kekurangan yaitu pada menu tambah data lowongan pekerjaan tidak bisa menampilkan masukan tipe tanggal serta pada menu proses seleksi administrasi tidak bisa juga menampilkan masukan tipe tanggal. Untuk hasil perandingan perhitungan dari perhitungan Program dan manual dapat ditarik kesimpulan bahwa perhitungan pada program dan perhitungan manual memiliki kemiripan angka total perhitungan hanya saja berbeda kemampuan hitung angka dibelakang koma

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Handoyo Eka
Date Deposited: 20 Jul 2023 00:48
Last Modified: 20 Jul 2023 00:48
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12335

Actions (login required)

View Item View Item