PENERAPAN METODE FUZZY MAMDANI DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMAAN BEASISWA (STUDI KASUS SMK PGRI 2 MALANG)

MUSOWWI, AZMI AZIZ (2015) PENERAPAN METODE FUZZY MAMDANI DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMAAN BEASISWA (STUDI KASUS SMK PGRI 2 MALANG). Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI MALANG.

[img] Text
1118079.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Pengambilan keputusan pemberian beasiswa di SMK PGRI 2 Malang merupakan ha/ yang sangat penting bagi pihak sekolah karena keputusan yang tepat dilihat dari segi nilai akademik, nilai non-akademik, penghasi/an orang tua, jumlah tanggungan orang tua, dan jumlah prestasi akan memberikan keputusan yang terbaik bagi siswa. Proses pengambilan keputusan untuk menentukan ca/on pemberian beasiswa bagi siswa SMK PGRI 2 Ma/ang saai ini kurang objektif, dan hanya dilakukan pencatatan di dalam sebuah buku. Apabi/a terjadi buku hilang dan rusak dapat mengakibatkan resiko penghambatan untuk memberikan beasiswa kepada siswa yang seharusnya mendapatkan beasiswa. Dengan adanya ap/ikasi ini diarapkan dapat membantu menentukan ca/on penerima beasiswa yang diterima dengan cepat. Metode Fuzzy Mamdani sering dikenal sebagai metode Max-Min. Metode ini diperkenalkan o/eh Ebrahim Mamdani pada tahun 1975. Pada metode Fuzzy Mamdani, baik variabel output dibagi menjadi satu atau /ebih himpunan fuzzy, dimana fungsi implikasi yang digunakan adalah Min dan defuzzyflkasinya menggunakan Center Of Area. Alasan digunakannya metode Mamdani karena mudah dimengerti dan metode Mamdani paling sesuai dengan na/uri manusia. Dengan menggunakan metode Fuzzy Mamdani sebagai metode pengambi/an keputusan untuk menentukan ca/on penerima beasiswa yang diterima menjadi penerima beasiswa di SMK PGRI 2 Malang berdasarkan data yang didapatkan dari SMK PGRI 2 Malang. Da/am membangun aplikasi sistem pendukung keputusan se/eksi penerimaan beasiswa di SMK PGRI 2 Malang dibuat menggunakan bahasa pemrograman Visual Studio 2008 dan MySQL digunakan sebagai media penyimpanan data atau basisdata. Dari proses pengujian yang telah dilakukan diperoleh hasil pengujian fungsional sistem berjalan 100%. Untuk hasil pengujian user, 'USer yang mengatakan aplikasi ini mudah digunakan adalah sebanyak 60%. yang mengatakan sedang adalah sebanyak 40%. Yang mengatakan tampilan aplikasi ini bogus adalah sebanyak 50%, yang mengatakan cukup sebanyak 50%. Yang mengatakan aplikasi ini membantu dalam menyeleksi ca/on penerima beasiswa adalah sebanyak 90% dan yang mengatakan sedang adalah sebanyak 10%. Dan pengujian metode yang dilakukan secara manual dan perhitungan dengan perangkat lunak didapatkan selisih sebesar 0 sehingga dapat disimpulkan ting/cat akurasi perhitungan metode mencapai 100%. Dari hasil perhitungan manual pada beasiswa prestasi adalah 63,8888 dan hasil perhitungan aplikasi pada beasiswa prestasi adalah 63,8888. Basil perhitungan manual pada beasiswa kurang mampu adalah 63,8888 dan hasil perhitungan aplikasi adalah 63,8888. Jadi presentase kesamaan perhitungan pada beasiswa prestasi adalah 100% dan presentase kesamaan perhitungan pada beasiswa kurang mampu adalah 100%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Handoyo Eka
Date Deposited: 20 Jul 2023 00:48
Last Modified: 20 Jul 2023 00:48
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12336

Actions (login required)

View Item View Item