IMPLEMENTASI METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN SISWA BARU (STUDI KASUS SMA NEGERI 1 MEJAYAN, MADIUN)

UTOMO, ERVANTO PRIYO (2015) IMPLEMENTASI METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN SISWA BARU (STUDI KASUS SMA NEGERI 1 MEJAYAN, MADIUN). Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI MALANG.

[img] Text
1118119.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penerimaan siswa baru merupakan salah satu tahap penting dolam ranglraian pembelajaran yang dilalcukan o/eh Sekolah Menengah Alas (SMA) baik negerl maupun swasta. Dalam penerimaan siswa baru ini dibulca dua jalur yaitu jalur Regu/er don Penyaringan Minatdon Kemampuan (PMDK). Dalam penerimaan siswa baru pada SMA Negeri 1 Mejayan Madiun merupakan hal yang sangat penting bagi pihak Sekolah lcarena keputusan yang tepat dopat dilihat darl segi /criteria - kriteria yang telah di tentukan. Penelitian in imenggunakan metode Analytical Hierarchy Process yang diawali dengan membuat struktur hirar/d dari permasalahan yang ingin dipecahkan. Kemudian membua tmatriks perbandingan berpasangan untuk mengetahui hubungan tingkat kepentingan antara elemen yang satu dengan yang lain. Pado matriks tersebut akan dicari bobot dari tiap criteria don alternative dengan cara menormalkan rata-rata. Bobot prioritas global diperoleh dengan mengalihkan bobot prioritas dori criteria dengan bobot prlorltas dari alternative keputusan. Hasil dari program ini yaitu menghasilkan data yang lebih obyektif dibandingkan dengan secara manual. Dari pengujian perhitungan di dapat hasil yang sama 100% antar manual don program. Fungsi yang diujikan pada browser Mozilla fire/ox, google crome don opera dapat berjalan 100%. Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Penerimaan Siswa Baru dan Analytical Hierarchy Process.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Handoyo Eka
Date Deposited: 21 Jul 2023 04:09
Last Modified: 21 Jul 2023 04:09
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12394

Actions (login required)

View Item View Item