RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENANGANAN KELUHAN PELANGGAN DI PDAM TIRTARORA KAB. DOMPU BERBASIS DESKTOP DAN SMSGATEWAY

CAHYADINATA, RANGGA (2015) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENANGANAN KELUHAN PELANGGAN DI PDAM TIRTARORA KAB. DOMPU BERBASIS DESKTOP DAN SMSGATEWAY. Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI MALANG.

[img] Text
1118110.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31MB)

Abstract

PDAM Tirtarora Kah. Dompu merupakan Perusahaan Daerah yang bergerak dibidang pengelolaan air minum. Salah satu kegiatan utama yang terdapat di PDAM Tirtarora Kah. Dompu adalah memberikan pelayanan terhadap pelanggan. Saat ini untuk mendapatkan pelayanan mengenai informasi tagihan rekening, melaporkan angka stand meter dan melaporkan keluhan terhadap pelayanan PDAM Tirtarora, pelanggan harus datang ke kantor pusat sehingga membuat proses pelayanan tidak optimal dan tidak efisien. Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya aplikasi Sistem informasi Penanganan Keluhan Pelanggan di PDAM Tirtarora Kah. Dompu berbasis Desktop dan SMS Gateway dengan menggunakan Visual Basic 2010, MySql dan Gammu, perangkat Iunak ini menjadi pusat Iayanan terhadap keluhan, masalah, dan gangguan yang di hadapi pelanggan serta membantu memberikan informasi don solusi terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi pelanggan, dengan SMS Gateway pelanggan dapat memperoleh pelayanan dengan mudah dimanapun, kapanpun dengan biaya yang relatif murah dan efisien. Setelah dilakukan proses pengujian, secara fungsi mulai dari form splash screen, form menu utama sistem, form menu pesan masuk, form menu pesan keluar, form menu tulis pesan, form menu data, form menu master, pada komputer server semua fangsi berhasil dan pada komputer client yang tidak berfangsi ada/ah form menu sistem sub menu eek pulsa. Dari hasil pengujian tampilan yang dilakukan User yang mengatakan baik 70%, cukup baik 30% dan kurang 0%. Dari hasil pengujian sistem oleh admin dengan jumlah pemyataan 6 dari 5 orang admin yang mengatakan sangat setuju sebanyak 83, 3%, setuju 16, 7%, tidak setuju 0% dan sangat tidak setuju 00/6. Dari Basil pengujian sistem yang dilakukan pada tiga sistem operasi, aplikasi dapat berjalan pada sistem operasi windows 7 (32 bit), windows 7 (64 bit) dan windows 8. Setiap hak alcses memiliki data pesan masuk yang berbeda sesuai dengan format sms oleh pelanggan, sistem ini dapat membalas otomatis pesan yang format smsnya sa/ah atau sms tagihan pe/anggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Handoyo Eka
Date Deposited: 21 Jul 2023 04:09
Last Modified: 21 Jul 2023 04:09
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12395

Actions (login required)

View Item View Item