ARTHA, ILMI MUHAFIT YUNI (2015) PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA KEMITRAAN TERNAK AY AM KAMPUNG DI CV.AGUNA FARM BANYUWANGI. Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI MALANG.
Text
1118093.pdf Restricted to Registered users only Download (20MB) |
Abstract
CV. Aguna Farm Banyuwangi merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam Kemitraan temak ayam kampung. Sebagai perusahaan yang masih da/am tahap pengembangan, CV. Aguna Farm Banyuwangi harus menerapkan manajemen hubungan pe/anggan dengan baik. Karena pelanggan merupakan sebuah aset yang sangat menentukan kesuksesan dari suatu perusahaan. Manajemen hubungan pelanggan yang sangat efektif da/am mencari pelanggan baru, meningkatkan hubungan balk dengan pe/anggan yang te/ah ada, dan mempertahankan pelanggan agar semaldn loyal dengan perusahaan dapat menerapkan konsep Customer Relationship Management (CRM). Dengan Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Pada Kemitraan Ternak Ayam Kampung di CV.Aguna Farm, yang dapat mengatur manajemen pemasaran (marketing), dan manajemen pelayanan pelanggan (customer service), diharapkan dapat membantu dalam manajemen hubungan pelanggan dengan baik. Pada Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Pada Kemitraan Ternalc Ayam Kampung di CV.Aguna Farm ini menggunakan jenis CRM Marketing sekaligus Customer Service. Sesuai dengan jenis CRM tersebut, aplikasi CRM ini digunakan untuk membantu pekerjaan dalam hal marketing dan customer service untuk menunjang manajemen hubungan pelanggan. Pada pengembangan aplikasi CRM ini menggunakan beberapa software yaitu Notepad++ sebagai pengembang sistem, MySql sebagai Database Management System, Gammu sebagai pengelola data-data SMS, Adobe Photoshop CS4 sebagai pengo/ah gambar untuk konten website, dan PHP sebagai bahasa pemrograman yang dipakai Pada penerapan Customer Relationship Management (CRM) Pada Kemitraan Ayam Kampung di CV. Aguna Farm Banyuwangi terdapat beberapa kesimpu/an diantaranya yaitu hak akses dalam website ini terdapat 4 level yaitu pelanggan, customer service, marketing, dan admin. Level hak akses tertinggi yaitu admin, seorang admin dapat mengolah data-data yang tersedia pada marketing maupun customer service. Se/ain itu juga, hanya admin yang bisa menambah atau menghapus akun marketing maupun customer service, danjuga dapat menambah atau menghapus akun admin lagi. Perbedaan fitur-fitur yang terdapat pada halaman pengunjung dengan halaman pelanggan, yaitu pada halaman pengunjung terdapat menu Beranda, menu Produk, menu Tentang Kami, menu FAQ, dan menu Arti/cel. Sedangkan pada halaman pelanggan terdapat fitur-fitur tambahan yaitu menu Forum, Menu Chatting, menu Catalan, dan fitur untuk menghitung total harga pembelian. Komunikasi dengan pe/anggan me/alui SMS dan Chatting. Pengujian pada 5 web browser yaitu Google Chrome32.0, Mozila Firefox 20.0.1, Flock 2.6.1, Torch 29, dan Opera 17.0 s'Udah berjalan sesuai denganfungsinya masing-masing. Pengujian hasi/ dari survey kuesioner, 1.43% menyatakan tidak setuju, 20.71% menyatakan agak setuju, 48.57% menyatakan setuju, dan 29.29% menyatakan sangat setuju.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi) |
Depositing User: | Handoyo Eka |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 04:09 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 04:09 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12398 |
Actions (login required)
View Item |