PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT APOTEK BANDUNG JAYA BERBASIS WEB

ISLAMI, MUHAMMAD JADID NURUL (2016) PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT APOTEK BANDUNG JAYA BERBASIS WEB. Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI MALANG.

[img] Text
1118160.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Apotek Bandung Jaya salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang penjua/an berupaya meningkatkan pelayanan penjualan obat -obatan. Dimana saat ini pelayanan terhadap customer masih be/um dilakukan secara maksimal. Semisa/ presentase penjualan yang di/akukan masih secara manual berupa catatan dari karyawan yang dimasukkan keda/am Microsoft excel dan be/um menggunakan peta beserta prosentase penjualan. Terdapatnya barang baru dan stok yang terdapat dalam gudang hanya diketahui secara internal oleh pihak perusahaan sehingga penjua/an tidak berjalan secara maksimal. Selain itu, untuk mendapatkan loyalitas dari para konsumen masih terasa amat sulit, karena konsumen atau ca/on konsumen masih terkendala informasi. Informasi yang diberikan oleh perusahaan hanya berupa tampilan langsung pada toko. Customer Relationship Management (CRM) bukanlah suatu konsep atau proyek, melainkan suatu strategi bisnis yang bertujuan untuk memahami, mengantisipasi, dan mengelola kebutuhan pelanggan yang ada dan pelanggan potensial dari suatu organisasi. Tujuan dari sistem ini adalah dengan penggunaan teknologi diharapkan terjadi ja/inan hubungan yang kuat antara perusahaan dan pelanggannya. Manfaat utama dari strategi CRM yang dapat membantu perusahaan untuk merampingkan database pelanggan dan membuat sebagian besar dari kontak mereka saat ini. CRM menggunakan tekno/ogi infonnasi untuk mengintegrasikan dan mengotomatisasi proses penjualan, pemasaran, dan /ayanan produk/jasa berkaitan dengan perusahaan. Konsep utama dari Customer Relationship Management (CRM) itu adalah penciptaan nilai pelanggan yang bertujuan tidak hanya untuk memaksimalkan pendapatan dari transaksi tunggal melainkan keunggulan bersaing. Dalam membangun aplikasi Penerapan Customer Relationship Management ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman P HP dan MySQL digunakan sebagai media penyimpanan data.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Handoyo Eka
Date Deposited: 21 Jul 2023 04:09
Last Modified: 21 Jul 2023 04:09
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12401

Actions (login required)

View Item View Item