PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS UNTUK MENDUKUNG KEPUTUSAN PENYELEKSIAN SISWA KELAS AKSELERASI (STUDI KASUS SMA NEGERI 1 KREMBUNG, SIDOARJO)

ANDRIANI, CICI (2015) PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS UNTUK MENDUKUNG KEPUTUSAN PENYELEKSIAN SISWA KELAS AKSELERASI (STUDI KASUS SMA NEGERI 1 KREMBUNG, SIDOARJO). Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI MALANG.

[img] Text
1118167.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Seleksi siswa kelas akselerasi merupakan salah satu tahap penting dalam rangkain pembelajaran yang dila/cukan oleh Sekolah Menengah Atas (SMA) baik negeri maupun swasta. Seleksi kelas akselerasi ini berbeda dengan penyeleksian jurusan.Pengambilan keputusan seleksi siswa kelas akselerasi pada SMA Negeri 1 Krembung Sidoarjo merupakan hal yang sangat penting bagi pihak Sekolah karena keputusan yang tepat dapat di/ihat dari segi /criteria - /criteria yang telah di tentukan. Penelitian ini menggunakan metode Analytical Hierarchy process yang diawali dengan membuat struktur hirarki dari permasalahan yang ingin dipecahkan. Kemudian membuat matriks perbandingan berpasangan untuk mengetahui hubungan tingkat kepentingan antara elemen yang satu dengan yang lain. Pada matriks tersebut akan dicari bobot dari tiap kriteria dan alternatif dengan cara menormalkan rata-rata. Bobot prioritas global diperoleh dengan mengalihkan bobot prioritas dari /criteria dengan bobot prioritas dari alternatif keputusan. Hasil pengujian perhitungan manual dan perhitungan aplikasi terdapat perbedaan pada fungsi total perkalian data siswa terhadap /criteria dan perangkingan, dikarenakan pada perbandingan pembulatan pada perhitungan don hasil akhir dari pembagian dan perkalian kedua pengujian didapatkan prosentase 98.8 %. Dari 4 browser yang diujikan yaitu Mozilla.fire/ox, google crome, dan opera dapat berjalan dengan baik, tetapi pada internet explorer tampilan dan fungsi berjalan /curang sempurna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Handoyo Eka
Date Deposited: 21 Jul 2023 04:10
Last Modified: 21 Jul 2023 04:10
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12403

Actions (login required)

View Item View Item