SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN KADER PEMBINA PEMUDA DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS)

Samode, Agung Parullan Wicaksono (2015) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN KADER PEMBINA PEMUDA DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS). Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI MALANG.

[img] Text
1118176.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

GK.II adalah salah satu gereja yang berdiri di kola Malang, didalamnya terdapat struktur organisasi mulai dari Gembala, pembantu gembala yaitu Pembina, hingga anggota jemaat. Pembina biasa bertugas untuk membimbing para jemaat dan harus memiliki kriteria yang sesuai dengan peranannya. Maka dari itu untuk mempermudah pemilihan pembina yang kerap kali dilakukan, penulis tertarik untuk membangun sebuah aplikasi yang dapat mendukung pengambilan keputusan dalam memilih kader-kader pembina yang rutin dilaksanakan ini. Pada program ini diterapkan metode Analytichal Hierarchy Process yang diawali dengan membuat struktur hirarki untuk mendukung penyelesaian masalah yang sering dihadapi. Kemudian membuat matriks perbandingan berpasangan untuk mengetahui hubungan tingkat antara elemen yang satu dengan elemen yang lain. Pada matriks tersebut alcan dicari bobot dari tiap /criteria dan alternatif dengan cara menormalkan rata-rata hingga dipero/eh hasil bobot nilai dengan perengkingan dari nilai tertinggi sampai nilai nilai terendah. Dari hasil pengujian manual dan pengujian pada program terdapat perbedaan pada fungsi total perkalian data jemaat terhadap /criteria dan perengkingan, dikarenakan terdapat perbedaan pembulatan pada perhitungannya. Dari hasil pengujian manual dan pengujian pada program di dapat prosentase antara keduanya yaitu 94,82 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Handoyo Eka
Date Deposited: 21 Jul 2023 04:10
Last Modified: 21 Jul 2023 04:10
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12404

Actions (login required)

View Item View Item