PENEMPATAN STATIC COMPENSATOR (STATCOM) UNTUK MEMPERBAIKI PROFIL TEGANGAN DAN PENINGKATAN STABILITAS TEGANGAN P ADA SISTEM TRANSMISI 150 KV BALI

NUGRAHA, MADE DIKA (2016) PENEMPATAN STATIC COMPENSATOR (STATCOM) UNTUK MEMPERBAIKI PROFIL TEGANGAN DAN PENINGKATAN STABILITAS TEGANGAN P ADA SISTEM TRANSMISI 150 KV BALI. Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI MALANG.

[img] Text
1212034.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Perrnintaan listrik meningkat serta penggunaan energi listrik oleh peralatan yang kinerjanya sangat sensitif terhadap kualitas daya menyebabkan sistem (Flexible AC Transmission System) FACTS banyak digunakan dalam sistem tenaga. Pada penelitian ini digunakan sistem FACTS adalah Static Compensator (STATCOM) karena dapat menginjeksikan daya reaktif yang dibutuhkan untuk memperbaiki profit tegangan dan meningkatkan stabilitas dalam sistem transmisi. Software PSCAD digunakan untuk analisa aliran daya dan simulasi ST ATCOM pada sistem transmisi 150 kV Bali .Dari analisis penelitian ini nantinya diharapkan dengan penempatan STATCOM pada bus yang mempunyai tegangan yang paling rendah (voltage drop) dapat meningkatkan profit tegangan dengan batasan antara 0.95 p.u sampai 1.05 p.u sesuai standar PLN.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro S1 > Teknik Elektro S1(Skripsi)
Depositing User: Handoyo Eka
Date Deposited: 21 Jul 2023 04:10
Last Modified: 21 Jul 2023 04:10
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12408

Actions (login required)

View Item View Item