PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ANTENA MIKROSTRIP RECTANGULAR EMPAT ELEMEN DENGAN KONFIGURASI LINEAR ARRAY PADA APLIKASI WIRELESS LOCAL AREA NETWORK DENGAN FREKUENSI KERJA 2,4 GHz.

KUMALASARI, WINDY (2016) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ANTENA MIKROSTRIP RECTANGULAR EMPAT ELEMEN DENGAN KONFIGURASI LINEAR ARRAY PADA APLIKASI WIRELESS LOCAL AREA NETWORK DENGAN FREKUENSI KERJA 2,4 GHz. Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI MALANG.

[img] Text
1212706.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Wireless Local area Network ( WLAN) merupakan salah satu aplikasi yang di gunakan untuk komunikasi data. Salah satu perangkat yang di butuhkan pada system WLAN adalah Antena. Antena yang dapat meradiasikan gelombang elelctromagnetik yang mudah di a'J<ses oleh siapa saja serta sederhana tetapi, dapat menghasillcan kualitas yang bagus da/am penggunaan akses wifi. Antena mikrostrip adalah salah satu antena yang sangat disaranlcan dalam pemhuatan antena wifl. Di //hat dart kelehihan antena milcrostrip sendiri adalah bentuknya yang kecil , ringan dan harganya yang terjanglcau. Dengan pembuatan yang mudah dengan lcualitas bagus dapat memudahlcan Manusia dalam mengabes internet dengan mudah sesuai kebutuhan dan aktifitasnya. Berdasarlcan penelitian yang telah di lakulcan oleh penulis yaitu merancang antena milcrostrip rectangular 4 elemen dengan konfigurasi linear an-ay pada aplikasi wireless local area network denganfre/cuensi /cerfa Z4 GHz. Dengan hasil nilai YSRW dari hasil pengulcuran 2488MHz sebesar 1,14, nilai gain antena dari hasil pengu/curan adalah 19 dbm dan , nilai return loss sebesar -23,48 db. Basil yang di peroleh antena tersebut cukup optimal. Dengan ini penulis mengharapalcn antena tersebut bisa bekerja dengan baik dan membantu manusia dalam berakti.fitas dengan benggunakan jaringan WLAN (wireless Local area Network)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro S1 > Teknik Elektro S1(Skripsi)
Depositing User: Handoyo Eka
Date Deposited: 21 Jul 2023 04:10
Last Modified: 21 Jul 2023 04:10
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12411

Actions (login required)

View Item View Item