IMPLEMENTASI MODULE BLUETOOTH AUDIO SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI SUARA ROBOT E-PRETIWI V3 DI KONTES ROBOT SENI TARI INDONESIA

A., AMY MAHENDRA M. (2016) IMPLEMENTASI MODULE BLUETOOTH AUDIO SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI SUARA ROBOT E-PRETIWI V3 DI KONTES ROBOT SENI TARI INDONESIA. Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI MALANG.

[img] Text
1212712.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Bluetooth adalah sebuah teknologi komunikasi wireless yang belakangan ini menjadi sangat populer, banyak aplikasi pengembangan Bluetooth dan penerapannya pada banyak implementasi sistem disekitar kehidupan kita. Berkat kehandalan alat komunikasi ini, Bluetooth menjadi salah satu pilihan utama dalam penerapannya ke dalam dunia teknologi. Belakangan ini Bluetooth digunakan dalam komunikasi untuk mengendalikan sebuah perangkat. Dari latar belakang tersebut penulis tertarik melakukan penelitian penggunaan sensor Bluetooth audio transceiver, sebagai sensor yang bertugas melakukan transmisi data suara, yang bertuj uan sebagai penggerak robot, sensor ini akan diterapkan pada perlombaan KRSTI (Kontes Robot Seni Tari Indonesia) 2016. Penggunaan sensor bluetooth audio transceiver memungkinkan transmisi suara yang dilakukan sebuah robot dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus mendapat banyak noise sehingga perlombaan dapat berjalan dengan lancar clan lebih baik. Pengguanaan sensor Bluetooth yang menggantikan sensor suara memiliki banyak keunggulan yakni, sensor Bluetooth lebih memiliki tingkat sensifitas yang tinggi, selain itu, sensor Bluetooth tidak dapat terganggu noise yang ditimbulkan oleh alam sekitar, transmisi data yang dilakukan sensor Bluetooth lebih realtime, tetapi dengan semua keunggulan tersebut ada sedikit permasalahan dalam penggunaan sensor Bluetooth audio ini, transmisi sensor Bluetooth sering terputus apabila terjadi gangguan dari sinyal frekuensi yang sifatnya sama dengan frekuensi Bluetooth. Dari basil pengujian penggunaan sensor Bluetooth audio transceiver sangatlah baik, tetapi ada sedikit kendala yakni saat melakukan proses pair, dan Jama waktu transmisi jika teradapat banyak noise, selain dari kendala itu sensor ini berjalan dengan baik, transntisi data berjalan dengan lancar dan real-time, gerak robot sesuai dengan gerak yang telah ditetapkan sebelumnya. Hal ini membuktikan bahwa transmisi data suara antara robot clan server musik berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro S1 > Teknik Elektro S1(Skripsi)
Depositing User: Handoyo Eka
Date Deposited: 21 Jul 2023 04:10
Last Modified: 21 Jul 2023 04:10
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12414

Actions (login required)

View Item View Item