RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN OBJEK WISATA DI KABUPATEN MALANG DENGAN MENGGUNKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

sudarianto, ulvi rohmad (2016) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN OBJEK WISATA DI KABUPATEN MALANG DENGAN MENGGUNKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP). Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI MALANG.

[img] Text
1218235.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilator belalcangi oleh semakin ramainya setiap orang untuk berwisata. Karena dengan berwisata setiap orang dapat menghilanglcan penat akibat aktivitas se/ama seharian. Pemi/ihan objek wisata yang tepat sangat berpengaruh dalam berwisata. Permasalahan yang sering muncul yakni masih banyaknya orang yang berwisata namun tidak mendapatlcan kepuasan dalam berwisata. lni dapat disebabkan dari kurangnya informasi detail objek wisata yang ada lchususnya di Kabupaten Malang. Tidak semua objek wisata memiliki fasilitas yang sama antara satu dengan yang /ainya. Dari semua kekurangan ini yang mengakibatlcan wisatawan tidak a/can merasakan kepuasan nantinya ketika berwisata Oleh karena itu mengetahui betapa pentingnya memilih objek wisata yang tepat, maka dibutuhkan sebuah sistem dalam bidang kepariwisataan. Sistem diharapkan dapat digunakan untuk mendapatkan informasi dan pengambilan keputusan pemilihan objek wisata di Kabupaten Malang secara efektif. Pene/itian ini menggunalcan metode Ana/itycal Hierarchy Process (AHP). Konsep didalam metode AHP ada/ah merubah nilai - nilai kua/itatif menjadi nilai kuantitatif sehingga keputusan - keputusan yang diambil bisa lebih obyektif. Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam ha/ ini alternatif yang dimaksud yaitu objek wisata Pemilihan dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap /criteria don sub/criteria, kemudian dilakukon proses perankingan yang akan menentukan alternatif yang optimal, yaitu objek wisata yang terbaik. Hasil dari penilitian ini berupa aplikasi sistem pendulcung keputusan untuk memilih objek wisata yang sesuai dengan keinginan wisatawan. Serta aplikasi menyediakan informasi - informasi yang banyak dibutuhlcan oleh wisatawan dalam suatu objek wisata. Dengan adanya aplikasi diharapkan wisatawan yang a/can berwisata di Kabupaten Malang dapat mendapatkan informasi detail objek wisata sehingga dapat berwisata semaksimal mungkin. Setiap orang juga dapat menambahakan objek wisata di Kabupaten Malang yang be/um ada dalam aplikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Handoyo Eka
Date Deposited: 25 Jul 2023 02:52
Last Modified: 25 Jul 2023 02:52
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12445

Actions (login required)

View Item View Item