PERANCANGAN STRATEGY DEFENSE GAME "JAGA TUBUHMU" BERBASIS REAL TIME STRATEGYMENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE DAN A*(A-STAR)

AJRIANTO, AHMAD SAGI (2016) PERANCANGAN STRATEGY DEFENSE GAME "JAGA TUBUHMU" BERBASIS REAL TIME STRATEGYMENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE DAN A*(A-STAR). Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI MALANG.

[img] Text
1218262.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Strategy defense game dalam penelitian ini merupakan pengembangan dari tower defense game dimana dalam permainannya pemain harus melindungi Castle . agar tidak . dihancurkan oleh musuh. Pemain harus menyerang musuh menggunakan pasukan agar dapat melindungi Castle dari serangan musuh. Strategy defense game ini berbasis. RTS (Real Time Strategy) yang memilild ciri khas berupa permainan perangyang terdiri alas pembangunan kekuatan, pengumpulan sumber daya, serta pembangunan dan pengaturan pasukanpasukan tempur. Finite State Machine (FSM) · diterapkan pada musuh agar dapat bergerak menuju Heart pemain sehingga dalam jarak tertentu musuh a/can mulai mendekati Heart dan menyerangnya. Dalam game ini terdapat 2 musuh dengan gerakan yang sama cuma berbeda bentuk· dan kekuatan. FSM juga diterapkan pada pasukan pemain, apabila di/control untuk menyerang musuh, pasukan pemain akan bergerak mendekati musuh dan dalam jarak tertentu pasukan pemain akan mulai menyerang musuh. Terdapat 2 pasukan pada pemain yaitu Archer untuk pasukan jarak jauh dan Fighter untuk pasukan jarak dekat. Pengujian dilakukan pada mus11h dan pasukan pemain dengan tambahan algoritma A* (A-Star) agar dapat bergerak ke tempat yang sudah ditentukan. Pengujian dapat disimpulkan untuk pergerakan musuh .apabil.a ,tidak .diterapkan FSM tidak berjalan dengan baik, yaitu musuh tidak menyerang Heart dan pasukan pemain. Apabila tidak ditambahkan A *(A-Star) musuh mempunyai rule yang berbeda-beda untuk menuju Heart. Sedangkan pengujian pada pasukan pemain, apabila tidak diterapkan FSM maka ketika dikontro/ untuk menyerang musuh, pasukan pemain langsung menyerang padahal jarak masih jauh. Dan jika tidak ditambahkan A *(A-Star) rute perjalanan pasukan pemain akan berbedabeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Handoyo Eka
Date Deposited: 25 Jul 2023 02:52
Last Modified: 25 Jul 2023 02:52
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12448

Actions (login required)

View Item View Item