PEMBUATAN GAME WAY OF THE STUDENT MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE (FSM)

PRAKOSO, MUHAMMAD AGUNG (2017) PEMBUATAN GAME WAY OF THE STUDENT MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE (FSM). Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI MALANG.

[img] Text
1318077.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Permainan atau sering disehut dengan game merupalcan suatu sarana hihuran yang diminati dan dimainkon oleh hanyak orang haik dari kalangan anak-ana/c, remaja maupun orang dewasa. Game ini terdiri dari game tradisional don game moderen. Game tradisional merupalcan segala hentuk permainan yang telah ado sejak zaman dahulu dan diwariskon secara tunm-menU1'Ull dari generasi ke generasi Biasanya game tradisional yang tumbuh dan herkemhang daJam suaJu mtBYaralcat mencerminlcan wama kehudayaan setempal. Sedanglcan game modem merupakan game yang disajikan pada suatu piranti atau perailgkal teltnologi da1i diinainltali secaril virtual. Media teknologi yang digunakan, yaitu console, /computer, handphone dan elelctronik lainnya. Seiring per/cemhangan telcnologi, game tradisional ini sudah jarang dimainkan dan kalah hersaing dari game modern. Pada suatu game pasti terdapat Ai (Artificial intelligence) tertentu. Pemanfaatan sistem kecerdosan buatan ini diantaranya adalah untuk pemhuatan musuh yang cerdos. Berbicara tentang Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan, salah satu teknologi /computer dan mesin yang terus herkemhang lni merupaJcan salah satu hagian dari ilmu informatika yang mempunyai hanyalc sekali jenis algoritma. Terdapat banyak metode yang bisa digunakan dalam pembuatan Al dalam game, salah satunya yaitu metode Finite State Machines (FSM). Finite State Machines (FSM) adalah sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan ting/rah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunalran tiga hal berikut: State (Keadaan), Event (kejadian) don Action (aksi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Handoyo Eka
Date Deposited: 25 Jul 2023 02:54
Last Modified: 25 Jul 2023 02:54
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12460

Actions (login required)

View Item View Item