RAMDHANI, GELAR CAHYA MULYA (2017) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI GAME PETUALANGAN SI KABAYAN MENYELAMATKAN HEWAN PUNAH DENGAN METODE FUZZY LOGIC. Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI MALANG.
Text
1318114.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Saat ini terdapat beberapa media untuk bermain game yang paling popular yaitu konsol game Komputerdan smartphone. Komputeradalah salah satu media yang paling banyak digunakan para pengembang diindustri game untuk meluncurkan produknya. Dalam permainan musuh merupakan salah satu elemen yang paling penting dalam video game, untuk menjadikan game semakin realistis karakter NPC (non playable character), salah satunya musuh dalam game harus dapat meniru sifat manusia ataupun hewan dalam dunia nyata. Untuk melakukan ha/ tersebut diperlukan kecerdasan buatan pada karakter NPC (non playable character)pada musuh yaitu kecerdasan buatan FSM (finite state machine) jika tidak menggunakan kecerdasan buatan FSM (finite state machine) pada karakter musuh tidak dapat mendeteksi keberadaan player, dan kecerdasan buatan Fuzzy Logic digunakan untuk output aksi serangan musuh terhadap player. Dalam pembuatan game ini penulis menggunakan game engine unity3D, d~ngan menerapkan keqerdasan buatan fu.gzy Logic. Fuzzy lqgic digunakan pada karakter NPC (non playable character) yaitu karakter yang digerakan oleh kecerdasan yang digunakan untuk mendukung game tersebut. Seperti pada karakter boss fuzzy logic dan diterapkan kecerdasan buatan FSM (finite state machine) yang menggunakan tiga ha/ yaitu : keadaan, kejadian, aksi Dari pengujian yang telah dilakukan hasil dari kecerdasan buatan FSM (finite state machine) pada game ini karakter NPC (non playable characte1~ dapat mendeteksi keberadaan player dan kecerdasan buatanfuzzy logic dari output aksi dapat digunakan untuk menentukan aksi serangan dari musuh tanpa melibatkan pengguna game.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi) |
Depositing User: | Handoyo Eka |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 02:54 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 02:54 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12463 |
Actions (login required)
View Item |