PENGEMBANGAN GAME THE GALAXY MENGGUNAKAN METODE FSM (FINITE STATE MACHINE)

BIMANTIKA, RANGGA (2017) PENGEMBANGAN GAME THE GALAXY MENGGUNAKAN METODE FSM (FINITE STATE MACHINE). Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI MALANG.

[img] Text
1318134.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Game merupakan salah satu media teknologi dalam bentuk 2D maupun 3D sebagai media hiburan. Seiring perkembangan era teknologi peminat game diduniapun semakin tinggi. Hal ini terbukti dengan keberadaan game yang bisa ditemui disekitar kita mulai dari rental, Timezon maupun wamet yang menyediakan tempat permainan game dalam berbagai jenis bahkan sampai pada handphone yang masing-masing digunakan setiap orang rata-rata memiliki pennainan atau game didalamnya. Game The Galaxy mengambil subgenre game jenis shooter game dirancang menggunakan Unity Engine 5 dan Al (Artificial Inte/igence) pada NPC (Non-Player Character) musuh menggunakan metode FSM (Finite State Machine). Game shooter adalah sub genre dari action game, yang biasanya menguji pemainnya dalam bereaksi terhadap sesuati aksi dan kejadian didalam game. Didalam jenis game ini terdapat banyak subgenre lagi yang memiliki beragam aturan dalam memicu adrenalin dan reaksi pemain dalam menggunakan senjata untuk menyelesaikan permasalahan didalam game. Biasanya senjata yang digunakan da/am game ini adalah pistol, senapan dan senjatajarakjauh lainnya. FSM merupakan salah satu logika penalaran yang memperlihatkan perilaku sistem dengan berdasarkan tiga hal, yaitu state (keadaan), event (kejadian), dan action (aksi). F ariabel aksi yang terdapat dalam musuh adalah idle, mengejar pemain dan menembak pemain. Didalam game The galaxy terdapat 3 level dimana masing-masing level pemain menggunakan karakter game yang berbeda dan menghadapi musuh yang berbeda-beda. Sedangkan pada masing-masing level pemain juga dituntut untuk menyelesaikan masingmasing misinya sesuai waktu yang telah ditentukan Berdasarkan pengujianfungsional. kontrol pemain Al pada NPC dapat bekerja dengan baik dalam memproses kondisi yang diberikan oleh pemain didalam game. Tombol-tombol pada menu utama dapat berfungsi dan sound juga FX effect pada game juga berfungsi dengan baik. Dari pengujian perfomia game dapat dijalankan di komputer dengan spesifikasi minimal prosesor Core2Duo dengan RAM 1 GB dan VGA 512 MB. Dari hasil pengujian yang dilakukan pada user didapatkan kesimpulan bahwa hasil persentasi pengujian dari 10 user adalah 71.8 % menyatakan menarik, 19.09% menyatakan cukup menarik dan 9.09% menyatakan kurang menarik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Handoyo Eka
Date Deposited: 25 Jul 2023 02:55
Last Modified: 25 Jul 2023 02:55
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12466

Actions (login required)

View Item View Item