RANCANG BANGUN APLIKASI PENGENALAN TULISAN TANGAN DENGAN METODE FUZZY LOGIC MAMDANI MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0

MAHENDRA, CHANDRA (2012) RANCANG BANGUN APLIKASI PENGENALAN TULISAN TANGAN DENGAN METODE FUZZY LOGIC MAMDANI MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0. Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI MALANG.

[img] Text
0712528.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Peranan komputer dalam peradaban manusia bukan lagi hanya sekedar sebagai alat bantu pekerjaan, namun sudah sampai ke aral1 pemenuhan kebutuhan. Komputer dapat digunakan sebagai alat penUJ:\jang tmtuk berbagai pekerjaan, bisnis muupun dapat juga digunnkan oleh anak-anak untuk bcrmain game. Komputer semakin inempermudah aktivitas manusia. OCR (Object Character Recognition), merupakan salah satu teknologi yang digunakan unluk mengenali hentuk huruf dan tulisan. Dalam tugas akhir ini membahas mengenai aplikasi pengenalan tulisan tangan. Sistem yang dirancang dapat digunakan scbagai tahap awal pembelajran untuk dapat dikemhangkan lehih lanjuL Perangkat lunak ini mengf:,>unakan metode fuzzy Logic Mamdani dalam pengerjaanny11 di.mans model fuzzy ini merupakan model fuzzy yang menggunakan metode max-min dan sangat bcrbeda dcngan model fuay lain seperti fozzy Sugeno dan fuzzy Tsukamoto yang menggunakim fungsi matematik atau konstanta. Diharapkan dengan adanya aplikasi pcngenalan lulisan tangan ini dapat mempennudah pekerjaan sehari - hari dan mempersingkat waktu yang ada. Untuk sa<1t ini, aplika~i ini marnpu mengenali tulisan tangan sebanyak maksimal 2 kata dcngan satu kata kurang lcbih tcrdiri dari 5 huruf.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro S1 > Teknik Elektro S1(Skripsi)
Depositing User: Handoyo Eka
Date Deposited: 31 Jul 2023 04:00
Last Modified: 31 Jul 2023 04:00
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12534

Actions (login required)

View Item View Item