PELATIHAN PENDALAMAN MATERI FISIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) BAGI GURU-GURU MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI KOTA BATU

Mahmudi, Ali (2020) PELATIHAN PENDALAMAN MATERI FISIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) BAGI GURU-GURU MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI KOTA BATU. Industri Inovatif - Jurnal Teknik Industri ITN Malang. pp. 1-40. ISSN E-ISSN: 2615 - 3866 (Submitted)

[img] Text
PELATIHAN PENDALAMAN MATERI FISIKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (208kB)
[img] Text
PELATIHAN PENDALAMAN MATERI FISIKA - TURNITIN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (250kB)

Abstract

MGMP adalah suatu organisasi yang beranggotakan guru-guru pada satu mata pelajaran tertentu. MGMP IPA tingkat SMP beranggotakan guru-guru mata pelajaran IPA. Mata pelajaran IPA merupakan gabungan dari mata pelajaran fisika, biologi dan kimia, maka dari itu kompetenesi yang dimiliki guru-guru IPA adalah kompetensi di bidang fisika, biologi atau kimia. Sehubungan dengan hal tersebut, maka guru-guru IPA dituntut untuk menguasai tiga bidang studi tersebut. Keluhan yang kerap disampaikan oleh guru-guru tersebut adalah penguasaan materi fisika yang masih kurang. Ketika penguasaan materi masih kurang, maka perlu dilaksanakan pelatihan pendalaman materi fisika yang diharapkan semakin baik penguasaan materi fisika oleh guru-guru IPA. Materi-materi yang diberikan merupakan konsep-konsep dasar dan soal-soal HOTS ( Higher Order Thinking Skills ) yaitu kemampuan berpikir tingkat tinggi, yang dapat dikembangkan sendiri oleh guru yang bersangkutan untuk menyelesaikan permasalahan dalam fisika. Guru dengan mudah mengembangkan kompetensi dirinya di bidang fisika apabila konsep-konsepnya telah dikuasai dengan baik. Pelatihan ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 8 Kota Batu. Berdasarkan perhitungan uji t sampel berpasangan dengan tingkat kepercayaan 95% menunjukkan adanya perbedaan skor tes antara sebelum pelatihan dan sesudah pelatihan, hal ini menunjukkan adanya pengaruh perlakuan (pelatihan) terhadap pemahaman guru tentang materi fisika..

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: MGMP, IPA, Konsep, Fisika
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1
Depositing User: Mrs Retno Wulan Sari
Date Deposited: 25 Aug 2023 04:13
Last Modified: 25 Aug 2023 04:13
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12688

Actions (login required)

View Item View Item