PENGELOMPOKAN PEKERJAAN PEMBENAHAN JARINGAN IRIGASI TERSIER DI KABUPATEN MALANG MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING

Mahmudi, Ali (2018) PENGELOMPOKAN PEKERJAAN PEMBENAHAN JARINGAN IRIGASI TERSIER DI KABUPATEN MALANG MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING. Sinteks : Jurnal Teknik, 7 (1). pp. 9-15. ISSN ISSN : 1907-2007 ISSN : 2579-7115 (media online) (Submitted)

[img] Text
PENGELOMPOKAN PEKERJAAN PEMBENAHAN JARINGAN IRIGASI TERSIER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (426kB)
[img] Text
PENGELOMPOKAN PEKERJAAN PEMBENAHAN JARINGAN IRIGASI TERSIER DI KABUPATEN MALANG MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING - TURNITIN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (248kB)

Abstract

Sektor pertanian adalah sektor yang sangat penting bagi pembangunan perekonomian di Negara agraris seperti Indonesia. Pengairan dan tata kelola air, biasa disebut dengan sarana irigasi, adalah hal yang sangat penting untuk mendukung sektor pertanian. Baik buruknya sarana irigasi sangat mempengaruhi hasil sektor pertanian. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian berusaha untuk membantu meningkatkan pemberdayaan petani pemakai air dalam pengelolaan jaringan irigasi melalui kegiatan pembenahan jaringan irigasi tersier. Kondisi jaringan irigasi di tiap-tiap area pertanian berbeda-beda, sehingga pembenahan jaringan irigasi seharusnya dilakukan sesuai dengan kondisi kerusakan yang ada. Pendataan dan seleksi pemilihan lokasi jaringan irigasi untuk memilih kegiatan pembenahan tentu membutuhkan waktu yang lama apabila dilakukan secara manual. Pendataan dan pemilihan yang dilakukan secara manual tentu memerlukan waktu yang tidak sedikit dan keakuratan yang baik sehingga pembenahan yang akan dilakukan dipilih secara subyektif. Oleh karena itu, penulis mengembangkan sebuah aplikasi pengelompokan pekerjaan pembenahan jaringan irigasi tersier menggunakan metode K-Means Clustering. Sistem ini dibangun menggunakan software Microsoft Visual Studio Ultimate 2010 dan Microsoft SQL Server 2005. Input utama aplikasi adalah data lokasi dan data nilai dari tiap-tiap lokasi. Pengelompokan pekerjaan terdiri dari tiga tingkat, yaitu peningkatan, pengembangan, dan rehabilitasi serta prediksi biaya yang akan digunakan dalam kegiatan pembenahan tersebut. pengujian terhadap fungsionalitas sistem dengan operating system Windows 7 Profesional, Windows 8.1 dan windows 10, aplikasi dapat berjalan dengan baik sesuai dengan fungsinya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan (SPK), Jaringan Irigasi, K-Means Clustering
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1
Depositing User: Mrs Retno Wulan Sari
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:16
Last Modified: 25 Aug 2023 07:16
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12692

Actions (login required)

View Item View Item