Aryadi, Faris (2023) ANALISA PENGGUNAAN BIODIESEL TERHADAP FUEL SYSTEM HIGH PRESSURE COMMON RAIL DAN PEFORMA MESIN PADA UNIT EXCAVATOR KOMATSU PC200-8. Skripsi thesis, ITN MALANG.
Abstract
Kebijakan untuk memanfaatkan Bahan Bakar Nabati (BBN), terutama biodiesel, sudah ditetapkan sejak tahun 2008. Pemerintah juga telah menetapkan rencana penggunaan biodiesel dalam peta jalan yang dimulai dari B2,5, B5, B10, B15, dan meningkat menjadi B20 sejak September 2018. Kemudian, mulai 1 Januari tahun ini, pencampuran biodiesel meningkat menjadi B30. Biodiesel ini berfungsi sebagai opsi energi alternatif untuk menggantikan Bahan Bakar Minyak pada mesin diesel/solar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya nilai laju konsumsi bahan bakar, kebutuhan spesifik bahan bakar, torsi mesin, daya mesin, dan daya efektif mesin yang dihasilkan pada mesin komatsu PC200-8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil pengujian bahan bakar B30 diperoleh laju konsumsi bahan bakar yang irit terjadi pada putaran mesin 1823 yaitu 16.5 l/h kebutuhan ekonomis sfc terjadi di putaran mesin 1823 yaitu 0.201 g/kWh, torsi maksimal sebesar 455.93 Newtonmeter di putaran mesin 1806 rpm dan daya maksimum yang dihasilkan sebesar 69.054 Watt pada putaran engine 1823 rpm serta daya efektif yang optimal terjadi di putaran mesin 1823 yaitu 68.685. walaupun terjadi penurunan performa mesin saat menggunakan bahan bakar B30 namun nilai penurunan tersebut tidak terlalu besar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Faris Aryadi (1911017) |
Uncontrolled Keywords: | Laju Konsumsi Bahan Bakar, Kebutuhan Bahan Bakar Spesifik, Torsi, Daya, Daya Efektif, Putaran Mesin, Komatsu PC200-8 |
Subjects: | Engineering > Mechanical Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin S1 > Teknik Mesin S1(Skripsi) |
Depositing User: | FARIS ARYADI |
Date Deposited: | 31 Aug 2023 03:58 |
Last Modified: | 31 Aug 2023 03:58 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12732 |
Actions (login required)
View Item |