Pareira Saputra Wula, Alessandro (2023) Pusat Pengembangan Game di Kota Malang. Skripsi thesis, ITN MALANG.
Abstract
Industri game memainkan peran penting dalam mendukung ekonomi kreatif Kota Malang, banyak anak muda kreatif dan 62 universitas yang terjun ke dunia game. Pada tahun 2017, ada 7 studio game yang aktif bekerja keras untuk merilis game. Industri game terus berkembang dan pada tahun 2021, ada sekitar 13 studio game yang terdaftar di Database Industri Digital Malang dan juga ada banyak komunitas game dengan ratusan anggota. Industri game yang berkembang di Kota Malang membutuhkan lebih banyak studio game. Namun, Kota Malang memiliki masalah dengan penggunaan lahan yang tidak efisien. Banyak bangunan yang menggantikan area hijau. Seiring dengan perkembangan kota, ruang hijau dan lahan pertanian terancam. Jika kita tidak direspon dengan baik, Kota Malang akan menjadi lebih padat dan menghabiskan ruang hijau yang tersisa dan menyebabkan perluasan kota yang tidak terkendali. Tujuan utama dari perancangan adalah menciptakan sistem bangunan di sektor pengembangan Game yang dapat beradaptasi dengan pertumbuhan tenaga kerja sub-industri Game yang sangat cepat dan secara bersamaan berkontribusi pada perluasan area hijau di Kota Malang. Metode desain menggunakan pendekatan metafora tangible, yang mengandalkan karakteristik visual atau fisik dari suatu objek sebagai fondasinya. Dengan menggunakan metode ini, makna dari objek yang dipilih diterjemahkan secara langsung ke dalam bentuk bangunan, tanpa menggunakan perbandingan atau analogi lain dalam prosesnya. Hasil dari perancangan yaitu kawasan dan bangunan didalamnya menerapkan tema arsitektur metafora dari Tetris, yaitu game paling populer dan legendaris sebagai karakter atau identitas pengembangan game pada Kawasan. Bangunan juga menggunakan sistem struktur modular karena sesuai dengan strategi perancangan yang membuat kawasan pengembangan game dengan bangunan vertikal dan banyak menyediakan ruang hijau. Diharapkan dengan dibangunnya Pusat Pengembangan Game dapat menjadi salah satu kawasan di kota Malang yang mampu menghasilkan produk game yang berkualitas dan dapat menjadi solusi jika industri game di Malang berkembang pesat tanpa memperparah permasalahan tata kota.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Alessandro Pareira Saputra Wula (1922096) |
Uncontrolled Keywords: | Kota Malang, Pengembangan Game, Arsitektur Metafora, Tetris |
Subjects: | Engineering > Architectural Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Arsitektur S1 > Teknik Arsitektur S1(Skripsi) |
Depositing User: | Pareira Saputra Wula Alessandro |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 04:25 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 04:25 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12752 |
Actions (login required)
View Item |