Implementasi Metode Finite State Machine (FSM) Pada Game "Cipher Club" 2D Berbasis Android

Karmanto, Jennie Laksita Anastasya (2023) Implementasi Metode Finite State Machine (FSM) Pada Game "Cipher Club" 2D Berbasis Android. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
Bagian Awal 1918057.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (500kB)
[img] Text
BAB I 1918057.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (165kB)
[img] Text
BAB II 1918057.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III 1918057.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (762kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV 1918057.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V 1918057.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (37kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka 1918057.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (155kB)
[img] Text
Lampiran 1918057.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Game mobile merupakan kategori permainan yang dibedakan berdasarkan platform dan biasa dimainkan melalui platform portabel, seperti handphone atau smartphone dan tablet. Game ini merupakan penggabungan antara life simulation dan rpg yang menyinggung tentang kriptografi. Kriptografi merupakan ilmu yang digunakan untuk melindungi informasi dengan cara menyembunyikan pesan atau mengubah pesan menjadi bentuk yang tidak dapat terbaca tanpa pengetahuan kunci penyandi atau dekoder pesan. Penerapan kecerdasan buatan pada game seringkali digunakan untuk membuat tindakan NPC menyerupai tindakan manusia. Game ini dikembangkan menggunakan metode FSM (Finite State Machine) untuk menjalankan aksi musuh terhadap tiga hal, yaitu state, event dan action. Dengan melakukan pengujian blackbox untuk Finite State Machine terhadap fungsi sistem yang sudah dibuat, kecerdasan buatan dapat terealisasikan. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dijalankan, implementasi metode Finite State Machine pada enemy menunjukkan hasil yang signifikan dimana enemy sudah bisa melakukan aksi sesuai yang diharapkan. Kemudian dari pengujian user, diketahui mayoritas user setuju dengan butir kuisioner yang disebarkan. Oleh karena itu, game yang dikembangkan dapat dikatakan sudah baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Jennie Laksita Anastasya Karmanto (1918057)
Uncontrolled Keywords: Unity, FSM, Game, Android, Media pembelajaran
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Jennie Laksita Anastasya Karmanto
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:59
Last Modified: 26 Oct 2023 05:00
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12864

Actions (login required)

View Item View Item