PENERAPAN ALGORITMA GENETIKA UNTUK PENJADWALAN MATA PELAJARAN (STUDI KASUS : SMP HASBUNALLAH)

Muqsit, Diagy Ghaniyyu (2023) PENERAPAN ALGORITMA GENETIKA UNTUK PENJADWALAN MATA PELAJARAN (STUDI KASUS : SMP HASBUNALLAH). Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
1918014_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
1918014_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (398kB)
[img] Text
1918014_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (810kB) | Request a copy
[img] Text
1918014_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
1918014_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (932kB) | Request a copy
[img] Text
1918014_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text
1918014_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (280kB)
[img] Text
1918014_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
1918014_JURNAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penjadwalan mata pelajaran di SMP Hasbunallah saat ini masih dilakukan secara manual oleh waka kurikulum, yang seringkali memakan banyak waktu dan menghasilkan jadwal yang kurang optimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem penjadwalan mata pelajaran di SMP Hasbunallah menggunakan metode algoritma genetika. Dalam penelitian ini, beberapa parameter algoritma genetika telah ditentukan, seperti jumlah individu, crossover rate, mutation rate, dan jumlah generasi. Hasil dari pengujian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode crossover one-cut point, dengan jumlah individu sebanyak 5, generasi 20, dan kombinasi crossover rate sebesar 25% dan mutation rate sebesar 75%, sistem ini berhasil membuat jadwal mata pelajaran dengan tingkat akurasi sekitar 92,13% dengan menggunakan data yang diperoleh selama Semester Genap pada tahun akademik 2022-2023. Ini merupakan langkah positif dalam upaya meningkatkan efisiensi penjadwalan mata pelajaran di SMP Hasbunallah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Diagy Ghaniyyu Muqsit (1918014)
Uncontrolled Keywords: Algoritma Genetika, Mata Pelajaran, Penjadwalan, SMP Hasbunallah
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Diagy Ghaniyyu Muqsit
Date Deposited: 11 Sep 2023 06:21
Last Modified: 11 Sep 2023 06:21
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12949

Actions (login required)

View Item View Item