PENERAPAN METODE FSM (FINITE STATE MACHINE) PADA GAME “TSUNAMI RESCUE” BERBASIS ANDROID

Izzatun Nur Zahra, Auliyaa (2023) PENERAPAN METODE FSM (FINITE STATE MACHINE) PADA GAME “TSUNAMI RESCUE” BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (583kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (130kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (950kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (11kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (119kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Game atau permainan merupakan sebuah aktivitas atau kegiatan yang berisikan hiburan bagi pemain untuk bersenang-senang ataupun sekadar mengisi waktu luang. Saat ini masyarakat dapat memainkan berbagai macam bentuk game cukup hanya dengan menggunakan smartphone. Bahkan aplikasi game sangat mudah diunduh melalui aplikasi seperti Playstore maupun Appstore yang sudah terpasang pada perangkat masing-masing. Dalam setiap game terdapat berbagai kecerdasan buatan yang diimplementasikan pada NPC (Non Player Character) untuk membuat perilaku yang mirip dengan manusia. Salah satunya adalah FSM (Finite State Machine) yang diterapkan pada game “Tsunami Rescue” untuk membuat kecerdasan pada perilaku musuh dengan menggunakan tiga unsur yaitu State (Keadaan), Event (Kejadian), dan Action (Aksi). Game ini dibuat dengan menggunakan aplikasi Game Engine Unity dengan bentuk 2D dan dibuild ke dalam bentuk aplikasi Android. Pengujian metode FSM pada tiap musuh didapatkan bahwa musuh dapat melakukan Action (Aksi) yang sesuai dengan perilaku player. Pada pengujian Blackbox juga didapat hasil bahwa fungsi system dalam game telah berjalan dengan baik. Pengujian terhadap responden mendapatkan hasil 8 dari 10 responden menyatakan bahwa game sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Auliyaa Izzatun Nur Zahra (1918113)
Uncontrolled Keywords: Game, Android, Tsunami Rescue, FSM, NPC
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Auliyaa Izzatun Nur Zahra
Date Deposited: 13 Sep 2023 03:37
Last Modified: 13 Sep 2023 03:37
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12989

Actions (login required)

View Item View Item