Pemenuhan Kebutuhan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Publik Di Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi Provinsi Jawa Barat”

Anggraini, Heni (2018) Pemenuhan Kebutuhan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Publik Di Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi Provinsi Jawa Barat”. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional.

[img] Text (full text)
heni.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
13. JURNAL HENI 1324026.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Ruang terbuka hijau (RTH) merupakan salah satu bagian dari penataan ruang perkotaan yang berfungsi sebagai paru paru kawasan dan diklasifikasikan berdasarkan status kawasan, bukan berdasarkan bentuk dan struktur vegetasinya. RTH dimaksudkan untuk menekan efek negatif yang ditimbulkan lingkungan terbangun di perkotaan. Karena tingkat kepentingannya yang komplek, pemerintah mengatur pemanfaatan ruang terbuka dalam skala yang berjenjang. Kota Bekasi saat ini baru memiliki sekitar 15% RTH yang terbagi atas 11% privat dan 4% publik. Artinya masih kurangnya RTH public, maka dari itu perlu adanya pemenuhan akan RTH publik di Kota Bekasi. Kecamatan Rawalumbu sebagai Berdasarkan uraian diatas maka, dirasa sangat perlu dilakukan penelitian terkait pemenuhan RTH di Kecamatan Rawalumbu. Dengan metode deskriptif kualitatif dan metode GIS penelitian ini diharapkan dapat mengetahui lokasi persebaran RTH eksisting yang ada di Kecamatan Rawalumbu serta kondisinya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa di Kecamatan Rawalumbu terdapat RTH Publik seluas 44,43 Ha dengan kualitas RTH Publik sebesar 52,27 % baik. Sedangkan kebutuhan RTH yang harus disediakan sebesar 303,8 Ha, dengan kondisi tersebut diketahui bahwa kekurangan RTH public sebesar 259,37 Ha. Potensi lahan yang dapat dikembangkan sebagai RTH sebesar 0.98 Ha yang merupakan jalur hijau jalan. Dengan demikian di Kecamatan Rawalumbu masih dibutuhkan 258,39 Ha untuk ditetapkan sebagai RTH, alternatif pengembangan yang dapat dilakukan adalah pemaksimalan RTH yang sudah ada, dan pembebasan lahan untuk dijadikan RTH publik. Kata Kunci : Ruang Terbuka Hijau Publik, Pemenuhan Ruang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: Ms Nunuk Timur Endri
Date Deposited: 11 Jan 2019 00:38
Last Modified: 06 Mar 2019 01:13
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/130

Actions (login required)

View Item View Item