Perancangan dan implementasi metode FSM (Finite State Machine) pada game Military Defence 2D berbasis Android

Muhammad Hasan, Syu'aibi (2023) Perancangan dan implementasi metode FSM (Finite State Machine) pada game Military Defence 2D berbasis Android. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
1918097_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
1918097_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (105kB)
[img] Text
1918097_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text
1918097_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (969kB) | Request a copy
[img] Text
1918097_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
1918097_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text
1918097_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (87kB)
[img] Text
1918097_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Jurnal Skripsi JATI 1918097.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (691kB)

Abstract

Game Tower Defense adalah game strategi yang bertujuan untuk mencegah musuh melewati suatu wilayah atau area dengan menempatkan susunan tower seperti bangunan dan senjata. Game tower defence yang ada saat ini masih belum ada tindakan yang dilakukan musuh ketika terkena serangan atau damage dari tower dan belum adanya misi permainan pada game tersebut sehingga tidak memberikan pengalaman bermain yang memuaskan bagi pemain yang mencari tantangan. Game ini dirancang menggunakan game engine unity 2D dengan mengimplementasikan metode FSM (Finite State Machine) untuk pengambilan keputusan atau tindakan prilaku pada NPC (Non Player Character) karakter musuh atau Monster dengan menggunakan tiga hal yaitu State (Keadaan), Event (kejadian) dan action (aksi). Pengujian kecerdasan buatan yang diimplementasikan akan diuji dengan melakukan pengujian blackbox digunakan untuk mengamati hasil fungsional dari aplikasi dan mengamati apakah input dan output berjalan dengan baik. Dari pengujian yang telah dilakukan tersebut didapatkan hasil implementasi metode Finite State Machine pada NPC (Non Player Character) Monster atau enemy sudah bisa menujukkan prilaku cerdas berjalan dengan baik. Dari pengujian 18 orang responden, didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa 25% (total 49) menyatakan sangat setuju, 70% (total 138) menyatakan setuju, dan 5% (total 11) menyatakan tidak setuju.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Hasan Syu'aibi (1918097)
Uncontrolled Keywords: Game, Finite State machine (FSM), Military Defence, 2D, Android
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Muhammad Hasan Syu'aibi
Date Deposited: 14 Sep 2023 06:12
Last Modified: 14 Sep 2023 06:12
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/13029

Actions (login required)

View Item View Item